2 Honorer Disdukcapil Ciamis Kena OTT Tim Saber Pungli Jabar, Soal KTP Barang Bukti Cuma Rp 300 Ribu

Meski MA (24) dan SJA (26) karyawan Disdukcapil Ciamis yang tertangkap tanggan (OTT) Tim Satgas Saber Pungli Jabar

2 Honorer Disdukcapil Ciamis Kena OTT Tim Saber Pungli Jabar, Soal KTP Barang Bukti Cuma Rp 300 Ribu
Ilustrasi KTP 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Meski MA  (24) dan SJA (26) karyawan Disdukcapil Ciamis yang tertangkap tanggan (OTT) Tim Satgas Saber Pungli Jabar Rabu (15/5/2019) siang, berstatus tenaga honorer, bila mereka terbukti melakukan pungutan liar (pungli) terancam  kena sanksi.

“Bila terbukti bersalah, jelas ada sanksinya,” ujar Sekda Ciamis Drs H Asep Sudarman MPd kepada wartawan, Kamis (16/5/2019).

Menurut Asep Sudarman pihaknya sudah menerima laporan dari Kepala Disdukcapil (Ciamis)  tentang adanya dua karyawan Disdukcapil yang diamankan Tim Saber Pungli Jabar karena telah melakukan pungli pada pemohon pembuatan KTP dan KK.

Keduanya berstatus tenaga honorer (sukwan) dibidang layanan/operator  pembuatan KTP/KK. “Dari laporan yang kami peroleh, mereka tidak meminta (pungutan) tapi di dalam berkas permohonan (KTP/KK)-nya sudah ada uang,” katanya.

Tapi bagaimanapun sebenarnya kejadiannya menurut Asep Sudarman pihaknya masih menunggu hasil proses pemeriksaan oleh Tim Saber Pungli. “Kasus ini kan sudah ditangani oleh Satgas Saber Pungli Tingkat Kabupaten Ciamis,” ujar Sekda Ciamis, Asep Sudarman.

Bila nanti sudah ada hasil dari Satgas Saber Pungli tingkat Kabupaten Ciamis, menurut Asep, selanjutnya akan dibahas bersama Inspektorat, BKD dan dinas yang bersangkutan (Disdukcapil). “Hasilnya  akan menjadi rekomendasi yang akan disampaikan kepada Bupati sebagai Pembina kepegawaian,” katanya.

BI Siapkan Rp 3,92 Triliun Uang Pecahan Baru untuk Priangan Timur Saat Ramadan dan Lebaran 2019

Kepala Inspektorat Ciamis, DR H Tatang S.Ag kepada Tribun menyebutkan pihaknya sudah menugaskan tim untuk melakukan klarifikasi ke Disdukcapil Ciamis menyusul adanya kejadian dua karyawan Disducapil Ciamis yang kena OTT Satgas Saber Pungli Jabar. “Kami sudah menurunkan petugas untuk melakukan klarifikasi bagaimana kejadian yang sebenarnya,” ujar Tatang.

Karena kedua terduga pelaku pungli tersebut berstatus sebagai karyawan honorer menurut Tatang, pembinaan langsungnya oleh kepala dinas yang bersangkutan, yakni Disdukcapil. “Beda kalau terduga pelakunya ASN/PNS seperti yang terjadi di Dishub beberapa waktu lalu,” katanya.

Menyusul adanya kejadian dua tenaga honorer Disdukcapil Ciamis yang diciduk Satgas Saber Pungli Jabar Rabu (15/5/2019) siang tersebut menurut Sekda Ciamis Drs H Asep Sudarman MPd perlu menjadi pelajaran bagi dinas atau unit kerja lainnya, terlebih unit kerja layanan publik.

Warung Remang-remang Masih Buka di Bulan Ramadhan, Polisi Ciduk 2 PSK dan 1 Pria Hidung Belang

“Jangan sampai kasus serupa terjadi lagi. Sosialisasi sudah berkali-kali ke setiap dinas. Spanduk sudah dipasang dimana-mana sebagai peringatan. Makanya hati-hati jangan sampai terjadi lagi,” ingat Sekda Asep Sudarman.

Dari informasi yang diketahui Tribun, Satgas Saber Pungli Jabar telah mengaman MA  (24) dan SJA (26) tenaga honorer di Disdukcapil Ciamis Rabu (15/5/2019) siang, di lingkungan Disdukcapil Jl Tentara Pelajar Ciamis.

Pelaku diduga telah melakukan pengutan liar terhadap pemohon pembuatan KTP/KK untuk keperluan pengurusan paspor untuk ibadah haji. Uang Rp 300.000 diamankan sebagai barang bukti. Kasus ini kini sudah dilimpahkan ke Satgas Saber Pungli Kabupaten Ciamis untuk diproses 

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved