Bawaslu Sebut 50 Persen TPS Rawan di Jabar, Ini Indikator Kerawanannya

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat menemukan kasus politik uang di tiga kabupaten/kota di Jawa Barat, salah satunya

Bawaslu Sebut 50 Persen TPS Rawan di Jabar, Ini Indikator Kerawanannya
TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN
LOGISTIK-Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cicendo, Yopi Setio Nugroho (kiri) dibantu petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Sukaraja, Yadi Rahayu mengecek logistik Pemilu 2019 di Gudang Logistik Pemilu 2019 Kecamatan Cicendo di Wisma Penka KAI, Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung, Senin (15/4/2019). Logistik Pemilu 2019 di PPK Cicendo terdiri dari 1.415 kotak suara dan logistik lainnya yang akan didistribusikan ke 283 TPS yang tersebar di enam kelurahan di Kecamatan Cicendo pada Selasa (16/4/2019) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat menemukan kasus politik uang di tiga kabupaten/kota di Jawa Barat, salah satunya terdapat di Kota Bandung.

Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antarlembaga, Lolly Suhenti saat meninjau logistik di Desa Tani Mulya menyebutkan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak ada penemuan kasus semacam itu.

"Belum, belum ada temuan di KBB. Terbaru itu di Kota Bandung ada pembagian sabun deterjen dengan stiker dan penyampaian untuk mencoblos beserta ada uang," katanya di Ngamprah, malam tadi.

Ketika disinggung terkait tantangan dari pemilu serentak ini, Lolly menyebut tantangannya karena kali ini ada pemilihan presiden sehingga terdapat potensi konflik yang lebih tinggi.

Masuk Masa Tenang, Bawaslu Purwakarta Sebut APK di Mobil Boleh Asal Mobilnya di Kandangkan

"Indeks kerawanan TPS dari jumlah 138.067 TPS ternyata 74.712 atau 50 persen TPS kami rawan. Jadi, itu harus diantisipasi oleh KPPS atau PPS," katanya.

Kerawanan yang dimaksud Lolly ini seperti hilangnya hak pilih, kampanye di masa tenang dan pemungutan, serta netralitas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Dalam hal ini Lolly menyebut pemungutan suara sangat rentan sehingga indikator 50 persen membuat TPS itu rawan.

Asyik Nih, Ada Diskon Spesial Pekan Pemilu di Hotel Santika Cirebon

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved