Pemkab Cirebon Usulkan Pengadaan Skylift Tahun 2020

Damkar Cirebon butuh skylift jika ada kebakaran bangunan bertingkat. Usulkan pengadaan tahun 2020.

Pemkab Cirebon Usulkan Pengadaan Skylift Tahun 2020
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Simulasi pemadaman kebakaran oleh Damkar Kabupaten Cirebon pada perayaan HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69, dan Linmas ke-57 di depan gedung DPRD Kabupaten Cirebon, Selasa (12/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Semakin banyaknya bangunan tinggi Pemerintah Kabupaten Cirebon mengusulkan pengadaan mobil skylift sebagai sarana pemadam kebakaran kepada Pemprov Jabar.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat Bupati Cirebon, Dicky Saromi, seusai menghadiri Hari Ulang Tahun Dinas Pemadam Kebakaran, Satpol PP, dan Linmas, di Lapang Pataraksa, Sumber, Cirebon, Selasa (12/3/2019).

Dicky melihat salah satu visi aman caranya dengan meningkatkan sarana dan prasarana pemadam kebakaran, bencana, dan Satpol PP.

"Dalam ajang kopdar di provinsi dengan gubernur, kami menyampaikan pengadaan mobil skylift karena Kabupaten Cirebon belum memilikinya. Mudah-mudahan tahun 2020 sudah ada," kata Dicky Saromi.

Mobil pemadam kebakaran yang kini dimiliki Pemkab Cirebon dan usianya sudah puluhan tahun, akan tetap diperbaiki untuk sementara waktu.

Setelah ada penggantinya, akan dijadikan sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan.

Dalam HUT Damkar ke-100, Satpol PP Ke-69, dan Linmas ke-57, Dicky Saromi berharap ketiganya menjadi petugas kemanusiaan yang berada paling depan ketika terjadi musibah kebakaran dan bencana.

"Tidak hanya perayaannya, tapi profesionalitasnya harus terus ditingkatkan, termasuk pemenuhan sarana prasarana dan diklat untuk meningkatkan kapasitas serta kualitas sumber daya manusia (SDM)," kata dia.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cirebon, Iis Krisnandar, mengatakan, izin mendirikan bangunan (IMB) di Kabupaten Cirebon sudah diterbitkan, hanya saja belum ada jaminan dari pemerintah jika ada musibah kebakaran.

"Ini perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk rescue maupun pemadaman. Jangan sampai mengeluarkan IMB saja, bangunan tinggi di mana-mana, tapi pemda tidak menjamin keselamatan maupun penaggulangan kebakaran," ucapnya.

Saat ini, menurut Iis, Damkar Kabupaten Cirebon masih membutuhkan banyak saranan penunjang, di antaranya mobil komando, mobil kecil untuk di pemukiman padat penduduk, dan motor roda tiga.

PT KAI Daop 3 Cirebon Bagikan 2500 Cup Kopi Gratis ke Penumpang

Pesawat Boeing 737 Max 8, Distop Sementara di Indonesia, Rupanya Langganan Maskapai Populer di Dunia

Penulis: Siti Masithoh
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved