Waspada Anjing Rabies Berkeliaran di KBB, Sudah 12 Orang Digigit, Nih Ciri-ciri Anjingnya

Sedikitnya 12 orang warga di Kabupaten Bandung Barat (KBB) digigit anjing liar yang membawa penyakit rabies.

Waspada Anjing Rabies Berkeliaran di KBB, Sudah 12 Orang Digigit, Nih Ciri-ciri Anjingnya
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Sedikitnya 12 orang warga di Kabupaten Bandung Barat (KBB) digigit anjing liar yang membawa penyakit rabies. Hal ini diketahui dari data Dinas Perikanan dan Peternakan KBB.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Perikanan dan Peternakan KBB, Wiwin Aprianti mengatakan dari 12 orang itu di antaranya berasal dari 6 orang asal Gununghalu, 4 orang asal Cililin, dan 2 orang asal Sindangkerta. Saat ini, semuanya yang terkena gigitan, kata Wiwin, sedang dalam penanganan Dinas Kesehatan KBB

"Keterangan para korban mereka menyebut ciri-ciri anjingnya itu berwarna cokelat kemerahan dan ada infeksi pada bagian punggungnya. Tim gabungan pun saya dengar sedang mencari keberadaan anjing itu, karena kerap sembunyi di kebun dan hutan," katanya di Ngamprah, Rabu (13/2/2019).

Wiwin juga mengimbau kepada warga masyarakat yang terkena gigitan anjing liar, untuk segera mencuci bagian yang terkena gigitan menggunakan sabun dan air yang mengalir selama 15 menit.

Total Kotak Suara Rusak di Kabupaten Cirebon Mencapai 2.298 Buah

"Itu bisa membuang virus yang menempel pada kulit yang tergigit. Kami juga sekarang rutin lakukan vaksinasi antirabies pada anjing-anjing peliharaan dan hewan pembawa rabies, termasuk kucing," katanya. 

BREAKING NEWS, Persib Bandung Tak Jadi Rekrut Yamashita, yang Dibutuhkan Striker Asia

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved