Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Kabupaten Cirebon Berikan Program BJB Mesra Kepada Masyarakat

Untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, Kabupaten Cirebon berikan program BJB Mesra kepada masyarakat.

Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Kabupaten Cirebon Berikan Program BJB Mesra Kepada Masyarakat
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Pelatihan program BJB Mesra di Desa Matangaji, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (13/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan, Kabupaten Cirebon merealisasikan program BJB Mesra di Desa Matangaji, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (13/2/2019).

Program tersebut tidak hanya berlaku untuk Desa Matangaji, melainkan semua desa di Kabupaten Cirebon.

BJB Mesra akan memberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai pengembangan usaha. Mereka juga akan diberikan pinjaman modal.

Kabupaten Cirebon merupakan wilayah kedua di Jawa Barat yang mendapatkan program BJB Mesra.

Menurut Penjabat Bupati Cirebon, Dicky Saromi, pihaknya bersama Pemprov Jabar memiliki komitmen untuk membangun masyarakat melalui peningkatan ekonomi.

"Komitmen itu di antaranya dituangkan dalam program BJB Mesra atau masyarakat ekonomi sejatera yang pada hari ini kami laksanakan," kata Dicky.

Dalam rangka pembangunan UMKM berbasis rumah ibadah, pelatihan di adakan di masjid setempat.

BJB Mesra merupakan program yang dilatarbelakangi oleh fenomena sosial di masyarakat, khususnya daerah yang minim akan akses pembiayaan, sehingga warga kerap terjerat dengan pinjaman informal yang bunganya sangat tinggi.

"Program BJB Mesra ini diharapkan dapat menjadi stimulan bagi para pelaku usaha mikro, UMKM untuk dapat mengakses perbankan serta tumbuh dan berkembang, memiliki usaha produktif, mengurangi ketergantungan pada pinjam informal dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejateraan masyarakat," kata Dicky Saromi.

Program BJB Mesra ini, selain menambah pinjaman modal usaha, masyarakat juga dapat menambah pengetahuan dan kemampuan berupa pelatihan kewirausahaan, menajemen usaha dan pengelolahan keuangan.

"Pelaku ekonomi mikro, UMKM merupahkan kekuatan ekonomi masyarakat yang sangat dahsyat apabila dapat digerakan dan diberdayakan dengan maksimal. Perlu diketahui bahwa pelaku usaha mikro pada saat ini berjumlah 3. 032 pelaku usaha," kata Dicky Saromi.

Sasaran program BJB Mesra ini, yakni para pelaku usaha mikro. Proses pengajuannya tanpa agunan dan tidak dikenakan beban bunga, hanya dikenakan biaya adminitrasi ringan saja.

Apapun penyaluranya melalui DKM yang telah bekerja sama dengan BJB. Oleh karena itu, agar dapat dimanfaakan oleh para usaha mikro serta pihak terkait dalam rangka menumbuhkan wirausaha baru dan meningkatkan kelas usaha mikro menjadi usaha kecil yang mandiri.

Sempat Jebol, Kirmir Sungai Cicadas di Pasir Pogor Bandung Mulai Dibangun Kembali [VIDEO]

Lantai Dua Rumah di Bojongloa Kidul Terbakar, Diduga Karena Setrika Belum Dimatikan

Penulis: Siti Masithoh
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved