Hari Kedua Pascakejadian Angin Puting Beliung di Rancaekek Bandung, Bantuan Terus Berdatangan

Hingga hari kedua pascakejadian angin puting beliung di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, bantuan dari sejumlah relawan dan donatur berdatangan.

Hari Kedua Pascakejadian Angin Puting Beliung di Rancaekek Bandung, Bantuan Terus Berdatangan
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Hingga hari kedua pascakejadian angin puting beliung di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, bantuan dari sejumlah relawan dan donatur terus berdatangan untuk para korban. Minggu (13/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Hingga hari kedua pascakejadian angin puting beliung di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, bantuan dari sejumlah relawan dan donatur terus berdatangan untuk para korban.

Bantuan yang diterima oleh korban angin puting beliung dari sejumlah relawan, yakni berupa mi instan, beras, makanan olahan siap saji, makanan ringan, dan air mineral.

Kepala Posko Penanggulangan Bencana Angin Puting Beliung, Anen Rumdani, mengatakan, bantuan tersebut disalurkan ke sejumlah terdampak yakni di tiga Desa Jelegong, Desa Bojongloa, dan Kelurahan Rancaekek Kencana.

"Dibandingkan hari lalu, sekarang bantuan sudah mencukupi. Nantinya bantuan akan (disalurkan) ke masing-masing RT, kemudian disebar kepada yang membutuhkan," kata Anen di posko pengungsian korban angin puting beliung Masjid Al Ikhlas, Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Minggu (13/1/2019).

Untuk pasokan air bersih, korban bencana angin puting beliung mendapatkan pasokan air bersih sebanyak lima tangki berukuran lima ribu liter setiap harinya.

Anen mengatakan, air bersih tersebut sumbangan dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0609 Kabupaten Bandung hingga Rabu (16/1/2019).

Pascakejadian Angin Puting Beliung, Ratusan Polisi dan TNI Dikerahkan Siap Bersihkan Puing-puing

"Alhamdulillah, kebutuhan air bersih mulai tercukupi, listrik di masjid juga nyala," katanya.

Selain bantuan makanan dan air bersih, pihak posko penanggulangan angin puting beliung menerima bantuan uang tunai sebesar Rp 4.538.200.

Seorang pengungsi, Jati Karsijati (63), mengatakan, kalau ia sudah menempati posko selama dua hari dan baru mendapatkan bantuan makanan dari Sabtu malam.

"Waktu awal kejadian, susah cari makan, karena tidak jelas. Sekarang mah aman, termasuk air bersih juga," katanya.

Bencana angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jumat (11/1/2019) sore, merusak ratusan rumah di tiga desa, yakni Kelurahan Rancaekek Kencana, Desa Jelegong, dan Desa Bojongloa.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Tribun Jabar, angin puting beliung yang menerjang tiga desa, terjadi pada pukul 15.15 hingga 15.30.

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, 754 rumah mengalami kerusakan, 24 orang luka ringan, dan tiga orang luka berat.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved