Libur Akhir Tahun Volume Kendaraan di Tol Soroja Meningkat, Antrean Mengular di Pintu Tol Soreang

Musim libur natal dan tahun baru kali ini volume kendaraan yang masuk dan keluar melalui Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) menuju obyek wisata

Libur Akhir Tahun Volume Kendaraan di Tol Soroja Meningkat, Antrean Mengular di Pintu Tol Soreang
Tribunjabar/Mumu Mujahidin
Pintu Tol Soreang di Tol Soroja, Jumat (28/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Musim libur natal dan tahun baru kali ini volume kendaraan yang masuk dan keluar melalui Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) menuju obyek wisata di Bandung Selatan meningkat hingga 10 persen dari weekend biasanya.

"Tidak hanya musim libur panjang saja, setiap weekend juga selalu ada peningkatan jumlah kendaraan. Kenaikannya sekitar 2.000-3.000 unit, kalau libur panjang seperti ini lebih meningkat lagi dari weekend biasanya. Kenaikannya ada sekitar 10 persenan," tutur Manager Operasional dan Teknis PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) Agus Sofian di kantornya, Jumat (28/12/2018).

Hal ini menyebabkan antrean kendaraan cukup panjang di Pintu Tol Soreang Kabupaten Bandung saat puncak libur natal kemarin. Antrean kendaraan ini mencapai 100 meter di dalam ruas jalan tol.

"Kami prediksi liburan akhir tahun juga akan terjadi peningkatan volume kendaraan seperti kemarin pas libur natal. Nanti tanggal 30-31 Desember sudah mulai naik lagi. Paling panjang kemarin ada 100 meteran," ujarnya.

Bobotoh Minta Pelatih dan Manajemen Persib Bandung Segera Rekrut Pemain, Tim Lain Sudah Bergerak

Selain meningkatnya volume kendaraan saat musim libur panjang, antrean kendaraan juga disebabkan oleh lamanya transaksi saat exit di Gate Tol Soroja yang mencapai lebih dari 6 detik. Padahal aturan standar pelayanan minimal bahwa transaksi saat exit tidak boleh lebih dari 6 detik.

"Biasanya kendala di kartunya (E-Tol) kurang saldo atau gangguan dan rusak kartu, jadi lama transaksinya," katanya.


Untuk mengantisipasi antrean kendaraan pada libur tahun baru nanti pihak CMLJ memfungsikan gerbang irresistible atau membuka gardu exit tambahan. Selain itu CMLJ juga memfokuskan petugas di Gate Tol untuk jemput bola untuk mengscan E-Tol agar tidak terjadi antrean kendaraan yang panjang.

"Alhamdulillah sudah semua pakai E-Tol karena sistem trandaksi ini sangat mudah dan cepat dan supaya tidak ada jeda waktu yang lama. Tapi pastikan saldonya terisi dan tidak rusak," katanya.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved