Jalan Cisoka Citengah di Sumedang Bakal Dibeton, Tak Hilangkan Kearifan Lokal Dusun Cisoka

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir berencana memperbaiki Jalan Citengah - Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, yang rusak parah.

Jalan Cisoka Citengah di Sumedang Bakal Dibeton, Tak Hilangkan Kearifan Lokal Dusun Cisoka
tribunjabar/hakim baihaqi
Dusun Cisoka 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir berencana memperbaiki Jalan Citengah - Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, yang rusak parah.

 "Tahun depan ada rencana, sekarang masih pembahasan," kata Doni saat ditemui di PT Coca-Cola Amatil Indonesia, Jalan Raya Bandung - Garut, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Kamis (8/11/2018).

Doni mengatakan, ia sebelumnya telah berkomunikasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), soal adanya Dusun Cisoka yang dilalui oleh Jalan Citengah - Cisoka.

Doni mengatakan, pihak ITB mempertanyakan bila jalan tersebut diperbaiki, apakah akan merusak kearifan lokal Dusun Cisoka, tetapi itu dibantah oleh pemerintah daerah, karena itu perbaikan akan tetap diwujudkan.

 "Dusun Cisoka akan dijadikan kampung mandiri yang memiliki kearifan lokal, tetapi masyarakat tetap sejahtera dan aman tinggal di sana," kata Doni.

Kepala Seksi Perencanaan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sumedang, Hary Bagia mengatakan untuk perbaikan jalan Citengah - Cisoka, Pemkab Sumedang, menganggarkan sebesar Rp 5 miliar dan akan dilakukan proses lelang pada Januari 2019, lalu pengerjaan pada April 2018.

Waspada, Hujan Disertai Petir Diprediksi Bakal Mengguyur Bandung Raya pada Siang-Sore Hari

"Itu masih perkiraan, karena terlebih dahulu harus ada intruksi dari pimpinan untuk memulai proses perbaikan," kata Hary.

Hary mengatakan, proses perbaikan jalan itu tidak akan di-hotmix seperti pengerjaan sebelumnya, melainkan akan dirigid beton, supaya lebih tahan lama.

"Kalau diaspal akan kembali rusak, curah hujan di wilayah tersebut relatif cukup tinggi, itu menjadi faktor jalan aspal cepat rusak," katanya.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved