Puluhan Santri di Tasikmalaya Ditunjuk Menteri LHK Sebagai Kader Lingkungan

"Puluhan santri kader lingkungan itu telah diberikan pelatihan pengelolaan sampah. Diharapkan, mereka dapat menjadi penggerak di kalangan santri,”

Puluhan Santri di Tasikmalaya Ditunjuk Menteri LHK Sebagai Kader Lingkungan
Tribun Jabar/Isep Heri
Kunjungan Menteri LHK, Siti Nurbaya, Pondok Pesantren Sukahideung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menggandeng santri untuk dapat meningkatkan kepedulian lingkungan.

Untuk mewujudkan upayanya, Kementrian LHK telah mengkader sebanyak 51 santri Pondok Pesantren Sukahideng, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya sebagai Kader Lingkungan.

"Puluhan santri kader lingkungan itu telah diberikan pelatihan pengelolaan sampah. Diharapkan, mereka dapat menjadi penggerak di kalangan santri,” kata Menteri LHK, Siti Nurbaya di Pondok Pesantren Sukahideung pada Sabtu (13/10/2018).

Selain telah mendapat pelatihan pengelolaan sampah, puluhan santri tersebut juga telah dibekali wawasan tentang konservasi energi dan konservasi air.

Siti Nurbaya mengharapkan, para santri nantinya dapat lebih menekankan pola hidup bersih dan ramah lingkungan di lingkungan pesantren maupun di tengah masyarakat nantinya.

Menlu Retno Marsudi Resmikan Palestine Walk di Bandung [VIDEO]

Tasikmalaya Oktober Festival Resmi Dibuka, Warga Padati Kawasan Jalan KH Zaenal Mustofa

Diharapkan pula para santri dapat mengoptimalkan sampah yang ada sehingga sampah dapat diubah menjadi benda yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi.

Dalam keunjungannya, ia menyampaikan bahwa Pondok Pesantren Sukahideung ditunjuk sebagai Ecopontren atau pondok pesantren sadar lingkungan yang menjadi Ecopontren percontohan di Jawa Barat.

“Melalui Ecopontren, santri diajarkan dengan model pendidikan Islam yang juga menekankan perhatian kepada lingkungan. Program ini juga merupakan bukti dukungan kami dalam mewujudkan lingkungan pesantren yang sarat akan nilai religi dan bersih, baik, sehat serta hijau,” ujarnya.

Tasikmalaya Oktober Festival Resmi Dibuka, Warga Padati Kawasan Jalan KH Zaenal Mustofa

Caleg Tidak Memenuhi Syarat Belum Dicoret KPU Purwakarta

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved