Pemilu 2019

Caleg Tidak Memenuhi Syarat Belum Dicoret KPU Purwakarta

Meski telah menemukan calon anggota legislatif (Caleg) pada daftar calon tetap (DCT) yang tidak memenuhi syarat (TMS), KPU Purwakarta masih belum menc

Caleg Tidak Memenuhi Syarat Belum Dicoret KPU Purwakarta
Tribunnews
Ilustrasi pemilu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA -Meski telah menemukan calon anggota legislatif (Caleg) pada daftar calon tetap (DCT) yang tidak memenuhi syarat (TMS), KPU Purwakarta masih belum mencoret caleg tersebut.

Diketahui, ada dua caleg Purwakarta yang ternyata tidak melampirkan keterangan bahwa yang bersangkutan adalah mantan narapidana narkoba.

Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman, mengaku bahwa pihaknya masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait kasus tersebut.

"Kami masih harus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, adapun pasca DCT peserta dinyatakan TMS dan MS itu harus jelas substansinya dalam perspektif hukum dan aturan," kata Ahmad saat dikonfirmasi melalui telepon, Sabtu (13/10/2018).

Raih Medali Emas di Asian Para Games 2018, Atlet Ini Dapat Bonus Rp 1,5 dan Bisa Bangun Rumah

Cari Tahu Nasib Jamal Khashoggi, Presiden Donald Trump akan Telepon Raja Salman

Dia menyebutkan proses koordinasi yang menjadi satu di antara alasan, belum adanya hasil keputusan untuk kasus itu.

KPU Purwakarta kini tengah berkoordinasi dengan pihak Polres dan Pengadilan Negeri Purwakarta, guna menentukan status dua caleg yang TMS itu.

Namun, Ahamd berjanji akan segera menghasilkan keputusannya, setelah koordinasi dengan pihak penanggung jawab hukum di Purwakarta.

"Kami tidak bisa berspekulasi, aturan dan substansi hukumnya harus jelas. Tunggu dan bersabar saja serta berdoa, agar para pihak bisa legowo apapun hasilnya," ucapnya.

Diketahui sebelumnya, berawal dari informasi dan aduan masyarakat setelah pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT). KPU Purwakarta baru menemukan dua Caleg Purwakarta yang ternyata adalah mantan napi.

Saat pendaftaran, keduanya tidak menyertakan keterangan bahwa yang bersangkutan adalah mantan narapidana narkoba.

Dua Caleg mantan napi itu yang tidak memenuhi syarat itu adalah AAR dari PKB Dapil VI dan LH dari Partai Berkarya Dapil V.

Berikut Link Live Streaming Penutupan Asian Para Games 2018, Sedang Tayang di TVRI dan Metro TV

Besok, Korban Gempa Palu dan Donggala Asal Cirebon Dipulangkan

Penulis: Haryanto
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help