Napi Ancam Sebar Video Porno

Begini Cara Napi Lapas Jelekong Menipu Korban untuk Telanjang Saat Video Call

Pelaku penipuan adalah sejumlah narapidana di dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas) sedangkan korban mereka mayoritas perempuan.

Begini Cara Napi Lapas Jelekong Menipu Korban untuk Telanjang Saat Video Call
Tribun Jabar/ Mega Nugraha
Saksi T (28) dan Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M Yoris Maulana di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka Rabu (11/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Sebuah akun grup Facebook "Waspada Scammer Cinta" dan Instagram "Fey Down" mengungkap modus scammer atau penipuan lewat media sosial.

Pelaku penipuan adalah sejumlah narapidana di dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas) sedangkan korban mereka mayoritas perempuan.

Modus itu seperti diungkap Polrestabes Bandung yang menetapkan tiga narapidana (napi) Lapas Kelas II Narkotika Jelekong, Baleendah Kabupaten Bandung, sebagai tersangka.

Dalam akun tersebut, modus penipuan lewat media sosial disebut scammer.

Scammer, secara luas diartikan sebagai upaya seseorang atau sekelompok orang yang menipu memakai cara licik lewat dunia maya.

Sebuah akun grup di Facebook bernama Waspada Scammer Cinta aktif mengkampanyekan netizen untuk tidak terjebak oleh ulah scammer. Di akun tersebut, pelaku scammer akrab disebut codot.

Pantauan Tribun dalam akun tersebut, untuk menipu korban, pelaku scammer biasanya mencatut foto-foto milik anggota TNI/Polri dari akun asli anggota TNI/Polri.

Baca: Kiper Persib Ini Sebut Clean Sheet Bonus dari Kerja Keras, Mengaku Sudah Sehati dengan Pemain Baru

Foto itu digunakan oleh pelaku dalam akun media sosial seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help