Breaking News:

HUT PDIP

Ada Kejutan Apa di HUT ke-50 PDIP? Tebakan Sosok Capres Mencuat, Megawati Jalankan Tradisi

Publik kini menanti kejutan yang akan diberikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Dok. ISTIMEWA
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri menggelar acara halalbihalal secara virtual dari kediamannya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - HUT ke-50 PDI Perjuangan makin dekat, Selasa (10/1/2023). Publik kini menanti kejutan yang akan diberikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Belum ada yang dapat menebak kejutan apa yang akan disampaikan Megawati.

Namun tebakan bahwa kejutan tersebut adalah pengumuman sosok calon presiden, mengingat ada tradisi khusus yang biasa dilakukan.

Baca juga: Megawati Umumkan Capres PDI-P pada 2023, Puan Maharani atau Ganjar Pranowo? Ini Kata Pengamat

Megawati Soekarnoputri terbiasa berziarah ke makam Soekarno di Blitar sebelum mengambil keputusan penting.

"Ibu ketua umum sudah banyak lakukan dialog dan biasanya juga dari ibu sebelum mengambil keputusan, biasanya mendengarkan, mempertimbangkan dari ribuan kali seluruh proses yang ada, terhadap calon-calon yang ada, terus dialog terus menurus, ketempat Bung Karno di Blitar, setelah itu biasanya baru diumumkan," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, Senin (9/1/2023).

Hal ini terbukti saat Megawati mendorong Joko Widodo maju di Pilpres tahun 2014.

Jokowi yang menjabat Gubernur DKI Jakarta diajak Megawati Soekarnoputri berziarah ke makam ayahnya, Soekarno, di Blitar, Jawa Timur, Rabu (12/3/2014).

Hasto yang saat itu masih menjabat Wakil Sekjen mengatakan, kegiatan nyekar merupakan tradisi di PDIP.

Dalam setiap momentum politik penting yang akan dilewati, PDIP memiliki tradisi untuk nyekar ke makam Bung Karno.

"Hal ini ditempatkan sebagai bagian dari kesadaran organisasi kepartaian, bahwa pemilu merupakan momentum untuk meneguhkan kembali perjalanan bangsa Indonesia agar semakin mendekatkan diri pada cita-cita kemerdekaan. Tradisi ini juga berakar dari patriotisme dan nasionalisme Bung Karno yang dengan rela mengorbankan dirinya untuk bangsa dan negara Indonesia," kata Hasto.

Element of surprise

Hasto mengatakan Megawati pernah memberikan kejutan pengumuman nama Joko Widodo (Jokowi) untuk maju menjadi presiden pada periode kedua, 2019 lalu.

"Setiap HUT kita merancang dengan baik, ada element of surprise yang selalu ditampilkan. Apalagi kan Ibu Megawati sering menampilkan kejutan-kejutan di dalam peringatan HUT partai, Rakernas."

"Bahkan, ketika mengumumkan Pak Jokowi pada periode kedua, saat itu di luar dugaan, sehingga rekamannya hanya melalui handphone, melalui sosial media. Secara tiba-tiba Ibu menyampaikan hal itu," ucap Hasto, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube Kompas TV, Senin (9/1/2023).

Baca juga: Jokowi Sebut Pilpres 2024 Jatah Prabowo, Begini Tanggapan Politikus PDI-P Bambang Pacul

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved