Natal dan tahun Baru

Kampung Karuhun Sumedang Gratiskan Tiket Masuk Hingga 28 Desember, Hanya 20 Menit dari Tol Cisumdawu

"Dibukanya Tol Cisumdawu ini menjadi lebih mudah mengakses dan  mengeksplorasi potensi wisata yang ada di Sumedang

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Adityas Annas Azhari
Tribun Jabar/Kiki Andriana
Suasana Kampung Karuhun, tempat wisata bernuansa alam di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Jumat (16/12/2022).  

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Kampung Karuhun, tempat wisata bernuansa alam di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan menggratiskan tiket masuk dan menikmati sejumlah wahana di tempat tersebut. 

Tiket gratis ini untuk menyambut dibukanya Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 yang menghubungkan Pamulihan-Sumedang-Cimalaka. Tiket gratis dimulai bersamaan dengan tol dibuka, yakni pada Kamis (15/12/2022) siang. 

Syarat gratisnya mudah, pengunjung cukup membawa karcis tol yang muncul pada mesin ketika tap kartu tol di Tol Cisumdawu. Karcis itu ditukarkan ke tiket yang berlaku gratis untuk tiga orang. 

Suasana tempat wisata Eco Green Park Kampung Karuhun di Citengah, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Kamis (1/9/2022).
Suasana tempat wisata Eco Green Park Kampung Karuhun di Citengah, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Kamis (1/9/2022). (Tribun Jabar/ Kiki Andriana)

Kemarin, TribunJabar.id mencoba memantau lonjakan pengunjung di tempat wisata itu. Terlihat tempat wisata itu mulai ramai dikunjungi.  Terlihat ada kelompok pemuda, ada pula wisatawan yang datang bersama keluarga. 

Lonjakan pengunjung ini juga diakui sang pemilik, Nana Mulyana. Dia menjelaskan, kemarin saat mulai digratiskan, belum terlalu ramai. 

Baca juga: Bukan Cuma Cisumdawu, Ini Daftar Jalan Tol yang Difungsikan di Momen Libur Natal dan Tahun Baru

"Hari ini karena sudah tahu, masyarakat datang. Mereka yang ingin mencoba tol tanpa ada tujuan lain, memutuskan untuk datang ke Kampung Karuhun," kata Nana Mulyana, Jumat (16/12/2022). 

Nana Mulyana mengatakan, tiket gratis ini akan berlangsung hingga tanggal 28 Desember 2022. Karenanya, Nana berpesan, jangan sampai kesempatan ini terlewatkan. 

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumedang, Nana Mulyana di Kampung Karuhun, Citengah, Sumedang Selatan, Jumat (16/12/2022).
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumedang, Nana Mulyana di Kampung Karuhun, Citengah, Sumedang Selatan, Jumat (16/12/2022). (Tribun Jabar/Kiki Andriana)

Kampung Karuhun hanya berjarak 20 menit berkendara dari gerbang Sumedang Tol Cisumdawu.  "Kami yakin, kesempatan pembukaan tol ini akan memulihkan kembali sektor pariwisata yang selama ini tengkurap," kata Nana Mulyana

Triana Mulyatsyah, pengunjung asal Jakarta mengatakan, dioperasikannya Tol Cisumdawu seksi 2-3 (Pamulihan-Sumedang Kota- Cimalaka) memudahkan dirinya berkunjung ke Sumedang.

Baca juga: Tol Cisumdawu Sudah Dibuka dan Digratiskan, Tapi Jalan ke Objek Wisata di Sumedang Belum Diperbaiki

"Dibukanya Tol Cisumdawu ini menjadi lebih mudah mengakses dan  mengeksplorasi potensi wisata yang ada di Sumedang," kata Triana di Kampung Karuhun

Gerbang Sumedang Tol Cisumdawu dapat ditempuh dalam waktu sekira 40 menit dari gerbang tol Buahbatu, di Kota Bandung. 

Ribuan wisatawan padati objek wisata Kampung Karuhun di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Minggu (27/3/2022).
Ribuan wisatawan padati objek wisata Kampung Karuhun di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Minggu (27/3/2022). (Tribun Jabar/Kiki Andriana)

Menurut pantauan TribunJabar.id di Kampung Karuhun, sejumlah wisatawan menikmati sajian kopi di tengah udara dingin kawasan ini. Mereka duduk di meja panjang yang menghadap ke aliran sungai. 

Ada pula kaum perempuan yang menghabiskan waktu dengan berfoto-foto. Sebuah stage foto tampak sengaja dibuat oleh pengelola. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Tribun Shopping

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved