Memperbaiki Layanan Pasien BPJS Kesehatan dengan Memangkas Waktu Tunggu

Pelayanan pasien BPJS Kesehatan di berbagai tingkat layanan harus memperhatikan waktu tunggu pasien.

Editor: Mega Nugraha
istimewa
Pemeriksaan untuk kesiapan pemberlakuan sistem rawat inap standar pada program BPJS Kesehatan di RS UKM oleh Kemenko PMK, Kamis (1/12/2022) 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Pelayanan pasien BPJS Kesehatan di berbagai tingkat layanan harus memperhatikan waktu tunggu pasien.

Hal itu jadi tantangan karena pasien BPJS Kesehatan yang jumlahnya tidak sedikit. Waktu tunggu tersebut, dimulai dari pendaftaran hingga proses akhir.

Direktur RS UKM Bandung, dr Theresia Monica Rahardjo mengakui, waktu tunggu adalah hal yang kerap dikeluhkan oleh pasien.

“Yang paling banyak dikeluhkan oleh pasien adalah waktu tunggu, baik waktu tunggu di IGD, ngambil obat, lama nunggu pemeriksaan dokter. Itu benar-benar keluhan yang terbanyak,”jelas dr. Monica sapaan akrabnya di RS UKM Kabupaten Bandung, Kamis (15/12/2022).

Baca juga: Kemenko PMK Cek RS Swasta di Bandung Jelang Berlaku Sistem Rawat Inap Standar BPJS Kesehatan

Masalah itu jadi tantangan bagi penyelenggara layanan kesehatan untuk mempercepat waktu tunggu. Monica menganalisa dan mencari solusi masalah tersebut.

“Kita melakukan efisiensi dan memanfaatkan teknologi digital. Saat ini waktu tunggu di RS UKM tidak boleh melebihi dua jam. Jadi pasien masuk di triase mendapatkan pemeriksaan dokter, dan bila perlu dirawat harus maka dalam waktu kurang dari dua jam harus sudah masuk ke ruang rawat inap,” katanya.

Untuk meringkas waktu tunggu yang lama, alur pengambilan obat di farmasi pun dibenahi. Monica juga mengatakan, waktu tunggu di farmasi atau pengambilan obat sudah dipersempit dari dua jam jadi satu setengah jam.

“Untuk tahun depan kita punya target untuk waktu tunggu di farmasi, tidak boleh lebih dari satu jam,”ucapnya.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved