Ujicoba Sidik Jari Untuk Pendaftaran Peserta BPJS Kesehatan di RS UKM Untuk Kurangi Antrean

Penggunaan sidik jari diterapkan RS Unggul Karsa Medika (RSUKM) Bandung untuk pendaftaran pasien peserta BPJS Kesehatan.

Editor: Mega Nugraha
istimewa
Penggunaan sidik jari diterapkan RS Unggul Karsa Medika (RSUKM) Bandung untuk pendaftaran pasien peserta BPJS Kesehatan. 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Penggunaan sidik jari diterapkan RS Unggul Karsa Medika (RSUKM) Bandung untuk pendaftaran pasien peserta BPJS Kesehatan.

Cara itu dilakukan untuk memangkas administrasi manual sehingga mengurangi antrean pasien saat mendaftar.

"Sudah enam bulan penerapan sistem pendaftaran menggunakan sidik jari di RS UKM. Untuk rumah sakit di Kabupaten Bandung, RSUKM merupakan yang pertama penerapannya, sebagai proyek ujicoba,"ucap Direktur RS UKM, dr Monica di Soreang Kabupaten Bandung, Jumat, (9/12/2022).

Tujuannya, kata dia, untuk memudahkan pasien peserta BPJS KEsehatan melakukan pendaftaran dan menghindari kemungkinan tertukarnya data pasien BPJS.

Untuk pendaftarannya, peserta BPJS Kesehatan mendaftar dengan KTP elektronik serta di fasilitas kesehatan.

Baca juga: 3000 Orang Rekam Sidik Jari, Polres Karawang Raih Juara Satu Input Data Sidik Jari di Indonesia

Data pasien tersebut kemudian terekam di database sehingga selanjutnya tidak harus antre. Sistem pendaftaran sidik jari pasien BPJS di RS UKM awalnya diterapkan di empat poli pelayanan.

"Saya meminta untuk semua poli baik mayor atau minor sudah menjalankan fingerprint. Dan ini sangat membantu bagi kami,"katanya.

Dia menyebut, dari 300 sampai 400 pasien setiap hari, 75 persen sudah mendaftarkan diri menggunakan fingerprint.

"Bisa diperluas 100 persen. Dan saya juga inginnya bukan hanya diterapkan di pasien-pasien BPJS. Kami RSUKM ingin berinovasi sistem ini juga diterapkan bagi pasien yang lain, pasien umum dan asuransi yang lain. Sehingga para meningkatkan efisensi dan juga meningkatkan pelayanan terbaik bagi pasien-pasien kami,"kata dia.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved