Gempa Bumi di Cianjur

Delapan Orang Hilang Akibat Gempa Cianjur Belum Juga Ditemukan, Basarnas Sudah Temukan Titiknya

Tim SAR gabungan mengaku sudah menemukan sejumlah titik diduga tempat delapan orang hilang di Kampung Cijedil, Desa Cijedil, Cugenang, Cianjur.

Penulis: Fauzi Noviandi | Editor: Giri
Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
Kepala Tim Lapangan SAR Gabungan, Supriono.  

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Tim SAR gabungan mengaku sudah menemukan sejumlah titik diduga tempat delapan orang hilang di Kampung Cijedil, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur

Kepala Tim Lapangan SAR Gabungan, Supriono, mengatakan, petugas gabungan hingga sejauh ini masih melakukan upaya tahapan mencari delapan orang yang belum ditemukan. 

"Kami sudah menemukan titik kedelapan orang yang hilang tersebut. Namun kendala di lapangan di atasnya banyak genangan air dan retakan di area longsoran menjadi ancaman petugas," kata Supriono, Senin (5/12/2022). 

Pihaknya telah memiliki peta fotografi terkait posisi rumah waega yang terdampak di Kampung Cijedil sebelum terjadi gempa dan longsor. 

"Saat ini hasil dari pencarian dan penggalian eskavator sudah teridentifikasi beberapa posisi rumah berdasarkan bukti dari cat rumah dan beberapa perabotan rumah," kata dia. 

Supriono mengatakan, upaya pencarian terhadap delapan orang hilang tersebut, pihaknya masih menurunkan tim K-9, beberapa alat berat, dan alkon. 

"Ketebalan material tanah membuat petugas cukup kesulitan dalam proses pencarian orang yang hilang tersebut. Namun petugas akan tetap berusaha melalukan beberapa upaya," kata dia. 

Ia mengatakan, waktu pencarian tinggal tersisa satu hari.

Baca juga: Riskan Busuk, Distribusi Logistik Telur untuk Korban Gempa Cianjur Harus Diutamakan

Namun pihaknya akan memanfaatkan sisa waktu tersebut untuk melakukan proses pencarian ke delapan orang yang hilang. 

"Besok sore pun kita akan melakukan analisis dan masih ada sisa waktu satu hari. Berdasarkan asumsi dan pemangku kebijakan nanti akan melalukan konsolidasi terkait diperpanjang atau tidaknya proses pencarian ini," kata dia. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved