Gempa Bumi di Cianjur

Korban Gempa Cianjur yang Butuh Bantuan Bisa Ajukan Lewat Aplikasi, Yang Mau Membantu Juga Bisa

warga terdampak gempa Cianjur yang membutuhkan bantuan dan masyarakat yang hendak membantunya kini dapat memanfaatkan aplikasi website Pisodapur.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Ravianto
TRIBUNJABAR.ID/FERRI AMIRIL MUKMININ
Pemandangan pengungsi gempa Cianjur berdiri di pinggir jalan masih terlihat di Kampung Cirumput, Desa Cirumput, Cugenang, Cianjur, Jumat (2/12/2022). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan warga terdampak gempa Cianjur yang membutuhkan bantuan dan masyarakat yang hendak membantu para korban gempa kini dapat memanfaatkan aplikasi website Pisodapur. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan warga terdampak gempa Cianjur yang membutuhkan bantuan dan masyarakat yang hendak membantu para korban gempa kini dapat memanfaatkan aplikasi website Pisodapur.

Dengan demikian, korban gempa tidak akan kesulitan mencari bantuan dan masyarakat pun bisa menyalurkan bantuannya secara tepat sasaran.

"Untuk semua hal terkait data gempa Cianjur, Pemprov Jawa Barat menghadirkan aplikasi web untuk mempermudah wargi sekalian yang terdampak gempa Cianjur maupun yang ingin membantu," kata Ridwan Kamil melalui akun instagramnya, Jumat (2/12).

Ia mengatakan aplikasi Pisodapur, yakni Pusat Informasi Koordinasi Data Gempa Cianjur, bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi guna menyampaikan aduan, mengajukan bantuan, pendaftaran relawan, dan memperoleh seluruh informasi terkait bencana.

"Warga Cianjur sekalian, hayu manfaatkan aplikasi web ini guna menyampaikan informasi maupun menyalurkan bantuan agar lebih tepat sasaran," katanya.

Ia mengatakan link untuk akses Pisodapur adalah pisodapur.jabarprov.go.id atau s.id/pisodapur. Pihaknya pun terbuka untuk segala macam tanggapan mengenai aplikasi web Pisodapur dengan menghubungi akun official Pisodapur melalui WA 082136115050, Instagram: @pisodapur.jabar, dan Twitter: @pisodapur_jabar.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menghibur anak-anak pengungsi gempa di Desa Sukajaya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menghibur anak-anak pengungsi gempa di Desa Sukajaya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. (Twitter @ridwankamil)

Ia mengatakan platform digital Pisodapur atau Pusat Informasi dan Koordinasi Gempa Cianjur ini guna memenuhi berbagai kebutuhan logistik warga secara masif dan terukur. 

Menurut Ridwan Kamil, dengan Pisodapur sistem menjadi terpusat dan diharapkan mampu menyuplai kebutuhan warga Cianjur korban gempa bumi dengan cepat dan tepat sasaran. 

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menilai semua permasalahan akan secara bertahap diselesaikan apabila sesuai dengan data.

Baca juga: Bupati Cianjur Bantah Pengungsi Gempa Cianjur Mengemis di Pinggir Jalan, Sebut Itu Warga Setempat

Untuk itu, hadirnya Pisodapur akan melengkapi apa-apa saja yang dibutuhkan warga, dan juga ada progresnya. 

"Di sana ada berbasis peta, butuh apa nanti muncul. Kalau warna merah masih berbentuk laporan, kalau kuning sudah ada yang bertindak, kalau sudah hijau tindakan sudah deliver," ujar Kang Kamil. 

Gubernur juga menjelaskan, kunci cepat tanggap dalam penanganan gempa bumi Cianjur adalah disiplin dalam melakukan pertolongan. 

"Jadi kunci dari cepat beresnya tanggap darurat adalah kedisiplinan. Disiplin bagi yang membantu, disiplin bagi yang minta tolong, disiplin bagi yang melakukan tugas kenegaraan," ungkap Gubernur.(muhammad syarif abdussalam)

Berita Tribunjabar.id lainnya di Google News

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved