Paritrana Award, Dorong Pemangku Kebijakan Pahami Pentingnya Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Paritrana Award, Dorong Pemangku Kebijakan Pahami Pentingnya Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Editor: Siti Fatimah
istimewa
Penganugerahan pemenang Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -  Jawa Barat meraih peghargaan sebagai Pemerintah Provinsi terbaik pertama dan meraih Paritrana Award sebagai penghargaan di bidang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. 

Pemerintah  Daerah Provinsi Jabar selain dinilai dari tingkat kepatuhannya terhadap program jaminan sosial ketenagakerjaan, juga telah berinovasi memberikan perlindungan kepada pekerja rentan mulai dari tenaga pendidik keagamaan, guru ngaji, guru madrasah, guru pesantren, hingga marbut. 

Paritrana Award merupakan program pemerintah yang diinisiasi Kemenko PMK, Kemendagri, Kementerian Ketenagakerjaan, serta BPJS ketenagakerjaan guna mengapresiasi Pemda, dan pelaku usaha mendukung implementasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. 

Tak hanya tingkat nasional, ajang penghargaan ini juga diimplementasikan di tingkat daerah provinsi dan penyerahan penganugerahan pemenang Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana) Tahun 2021 digelar di Holiday Inn Bandung, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Pemkot Bandung Daftarkan Pegawai Non ASN Sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Saru unit kendaraan menjadi salah satu hadiah dalam penghargaan Partuaran Award.
Saru unit kendaraan menjadi salah satu hadiah dalam penghargaan Paritrana Award. (istimewa)

Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah Jawa Barat, Suwilwan Rachmat mengatakan, BPJAMSOSTEK memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah serta perusahaan baik perusahann besar maupunb kecil.

"Apresiasi BPJAMSOSTEK yakni Paritrana Award, ini merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah, perusahaan besar sampai kecil yang sudah mendukung program-program BPJAMSOSTEK," Kata Suwilwan.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jabar Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk Keluarga Ahli Waris 

Untuk itu, pihaknya juga menyampaikan apresiasi atas dukungan pemerintah daerah dan perusahaan yang telah memdaftarkan karyawan atau pekerjanya untuk menjadi peserta BPJAMSOSTEK.

"Saya sampaikan terima kasih, karena sudah mendukung melalui regulasi maupun alokasi anggaran untuk membayar iuran pekerja menjadi peserta BPJAMSOSTEK,” kata Suwilwan.

Dengan adanya penghargaan ini, pihaknya berharap dapat memicu dan mendorong perusahaan dan pemerintah daerah kabupaten dan kota untuk tetap komitmen dalam penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan melindungi warga atau pekerjanya.

Selain itu, pihaknya juga berharap, perusahaan yang belum mendaftarkan karyawan atau pekerjanya untuk menjadi peserta untuk segera bisa mendaftarkan agar para pekerjanya terlindungi dengan berbagai program jaminan sosial BPJAMSOSTEK.

“Pada penghargaan Patriana ini, kami juga bersyukur karena BPJAMSOSTEK Jabar juga mendapat Paritrana Award tingkat nasional. Ini adalah bonus dari segala upaya dan komitmen yang sudah diberikan oleh provinsi dan kabupaten/ kota dalam menyukseskan program jaminan sosial ketenagakerjaan,” katanya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Setiawan Wangsaatmaja menambahkan, pihaknya terus mendorong pemda kabupaten/ kota tetap konsisten mengimplementasikan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Menurutnya, program-program BPJAMSOSTEK memberikan banyak manfaat bagi pesertanya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci Targetkan Member Catering Academy Terlindungi Jaminan Sosial

"Untuk itu, Kami mengapresiasi pemerintah kabupaten dan kota serta perusahaan yang konsisten ikut berkontribusi program jaminan sosial ketenagakerjaan," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved