Daftar Terbaru 8 Obat Sirup yang Dilarang BPOM dan Daftar 198 Obat Sirup yang Aman

Sebelumnya BPOM merilis 5 obat sirup yang cemaran etilen glikolnya melebihi ambang batas. Kini daftar itu bertambah menjadi 8.

Editor: Ravianto
Instagram @konimex.group
Foto Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL783003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml. BPOM merilis 8 obat sirup yang cemaran etilen glikolnya melebihi ambang batas termasuk Termorex Sirup. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan rilis terbaru mengenai daftar obat sirup yang mengandung EG atau etilen glikol dan dietilen glikol, 1 November 2022.

Sebelumnya, BPOM merilis 5 obat sirup yang cemaran etilen glikolnya melebihi ambang batas. Kini daftar itu bertambah menjadi 8.

Cemaran etilen glikol dan dietilen glikol diduga kuat berhubungan dengan gagal ginjal akut atau gangguan ginjal akut yang mematikan.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, EG dan DEG sebagai penyebab kasus gagal ginjal akut misterius yang terjadi pada ratusan anak di Indonesia.

Temuan terbaru yang dirilis BPOM pada 1 November 2022, menyebutkan obat yang dilarang karena mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) melebihi ambang batas bertambah.

Kepala BPOM Penny K Lukito menambahkan, terdapat 3 obat tambahan.

Penny K Lukito - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Penny mengingatkan ada efek samping dari penggunaan vaksin Covid-19 Sinovac
Penny K Lukito - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Penny mengingatkan ada efek samping dari penggunaan vaksin Covid-19 Sinovac (Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S)

“Hasilnya, terdapat 3 (tiga) produk yang melebihi ambang batas aman yaitu Paracetamol Drops, Paracetamol Sirup Rasa Peppermint dan Vipcol Sirup produksi PT Afifarma”, jelasnya, dikutip dari Kontan.co.id.

Baca juga: Daftar Obat Sirup yang Sudah Aman, Boleh Diresepkan Lagi oleh Dokter

Lantas berikut ini daftar lengkap obat yang telah dilakukan pengujian dan dinyatakan mengandung cemaran EG/DEG melebihi ambang batas aman. (Berdasarkan data Kemenkes 102 obat yang digunakan pasien)

1. Termorex Sirup (obat demam) (PT Konimex )

2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu) (PT Yarindo Farmatama)

3. Unibebi Cough Sirup (Universal Pharmaceutical Industries)

4. Unibebi demam Sirup (Universal Pharmaceutical Industries)

5. Unibebi demam drops (Universal Pharmaceutical Industries)

6. Paracetamol Drops (PT Afifarma)

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved