Kemenhan Kembangkan Motor Listrik untuk TNI, Ini Kata Pengamat Militer dan Intelijen

Puslitbang Kemenhan di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav) resmi memberikan sertifikat prototipe produk untuk Electric Tact

Tribun Jabar/ Nazmi Abdurrahman
Kemenhan bersama PT Eltran Indonesia (anak perusahaan PT LEN), tengah berkolaborasi mengembangkan motor listrik sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pakar militer dan intelijen, Susaningtyas Nefo Kertopati menilai, kendaraan listrik yang dikembangkan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dapat membantu kinerja TNI dalam pengamanan garda terdepan tanah air.

Saat ini, Kemenhan bersama PT Eltran Indonesia (anak perusahaan PT LEN), tengah berkolaborasi mengembangkan motor listrik  sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo.

"Motor listrik sudah melalui uji coba, tentu ini sangat baik untuk mendukung tugas prajurit TNI," ujar Susaningtyas, dalam keterangannya, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Setelah Gubernur dan Wagub, 26 Perangkat Daerah di Jabar Akan Beralih Menggunakan Kendaraan Listrik

Menurutnya, dalam pengembangan motor listrik ini masih memiliki sejumlah catatan. Salah satunya, terkait sosialisasi penggunaan motor listrik.

"Tidak hanya produksinya tapi cara penggunanya juga harus dibuat massive supaya pemakainya sudah paham dalam menggunakannya," katanya.

Pengembangan motor listrik ini merupakan atas keinginan dari Menhan Prabowo Subianto yang berusaha merealisasikan instruksi Presiden Jokowi, untuk beralih ke kendaraan listrik.

"Saya melihat Menhan (Prabowo) luar biasa dalam berupaya mewujudkan cita-cita dan harapan Pak Jokowi. Terlebih mampu menjalankannya dengan baik. Tentu harus kita apresiasi dan memberikan dukungan agar segera terealisasi," katanya.

Sebelumnya, Pusat Penelitian dan Pengambangan (Puslitbang) Kementerian Pertahanan (Kemenhan), di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav) resmi memberikan sertifikat prototipe produk untuk Electric Tactical Motor Bike.

Penyerahan dilakukan di Pusdikav, Jalan Purabaya Padalarang, Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, Kamis (15/9/2022).

Pengembangan kendaraan listrik ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.55/2019 mengenai kendaraan listrik yang diteken Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Seluruh Kepala Dinas di Pemprov Jabar Akan Dihadiahi Mobil Listrik, Tahun Depan Harus Dipakai

Kabalitbang Kemhan Marsekal Mudada TNI (Purn.), Julexi Tambayong mengajak semua pihak untuk turut berpartisipasi dalam pengembangannya agar segera diproduksi massal.

"Hari ini kita harus bangga karena menjadi pelaku sejarah proses digunakannya motor listrik. Selain itu, menjadi legasi kita kelak," ujar Julexi.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved