Tidak Hanya Orangtua, Osteoporosis Bisa Menyerang Anak Muda, Perwatusi Canangkan Kuatkan Tulang

Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) canangkan Gerakan Jabar Lawan Oesteoporosis, Kuatkan Tulang.

Editor: Mega Nugraha
Istimewa
Pencanangan gerakan Jabar melawan Osteoporosis si Sport Arcamanik, Senin (12/9/2022). 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) canangkan Gerakan Jabar Lawan Oesteoporosis, Kuatkan Tulang.

Kegiatan digelar di Arcamanik, Kota Bandung, Senin (12/9/2022).

Pencanangan gerakan itu melibatkan Pemprov Jabar. Osteoroposis atau keropos tulang dapat menghambat orang untuk produktif yang bisa berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

“Ini jadi titik awal baru bagi langkah pencegahan osteoporosis di Jabar dan akan terus digaungkan melalui pelatihan-pelatihan dan sertifikasi bagi para pelatih senam agar memiliki standar yang baku di seluruh Indonesia untuk memberikan informasi tentang osteoporosis, serta juga langkah apa yang harus dilakukan guna mencegahnya,” ujar Ketua Umum Perwatusi Anita A Hutagalung.

Tak kalah penting, dia mengingatkan generasi muda untuk tak terlena dan membiasakan pola hidup sehat.

Pasalnya, osteoporosis tidak hanya menyerang manusia lanjut usia atau manula, namun anak muda pun rentan terpapar penyakit tersebut. Dirinya pun meminta agar kaum muda menjaga tulang mereka sejak dini.

Baca juga: Produk Suplemen Kesehatan & Obat-obatan dari Indonesia Diminati Pengusaha Nigeria

“Osteoporosis disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat, seperti kurang olahraga, merokok, mengonsumsi minuman keras. Maka itu, hindarilah semua itu untuk kehidupan yang lebih produktif kedepannya,” papar Anita.

Kepala Dinas Kesehatan Jabar Ensi R Nina Susana Dewi menyambut baik dan mendukung upaya pencegahan osteoporosis. Terlebih, dari sekitar 50 juta penduduk Jawa Barat, 22 persen diantaranya menderita osteoporosis dan sebagian besar perempuan.

“Namun tidak semuanya lansia. Harus diingat bila kekurangan kalsium atau vitamin D bisa menyebabkan osteoporosis. Selain itu, alkohol, kafein, rokok juga dapat menyebabkan osteoporosis. Makanya hindari itu semua dan mulai hidup sehat,” ucap Nina.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta gerakan ini tidak hanya dimulai di kota besar.


“Masyarakat sehat dan produktif merupakan sumber daya yang menjadi modal bagi Jawa Barat untuk terus maju dan menjadikan Jabar Juara tidak hanya sebagai sebuah slogan tetapi sebuah kenyataan,” tegas Uu.

Adeline Devita dari PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals) menuturkan, pihaknya sangat berkontribusi dalam pencegahan osteoporosis, salah satunya dengan mengeluarkan Entrasol Gold.

“Ini juga harus dilengkapi dengan olahraga setiap harinya. Dan osteo dance yang tadi dicanangkan bisa berkontribusi dalam mencegah osteoporosis ditengah masyarakat,” katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved