Warga dan Ulama di Limbangan Garut Sikat Penjual Obat Terlarang dan Miras, Banyak Dibeli Remaja

Banyak remaja yang sering melakukan transaksi di kios tersebut. Setelah digerebek, pihaknya menemukan obat-obatan psikotropika dan miras.

istimewa/ MUI Desa Cijolang
Kios penjual obat-obatan terlarang dan minuman keras yang berlokasi di Jalan Nasional Limbangan, Kabupaten Garut dibongkar warga, Jumat (9/9/2022). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Warga Limbangan Kabupaten Garut membongkar kios penjualan minuman keras dan obat-obatan terlarang.

Pembongkaran tersebut dipimpin oleh ulama dan tokoh masyarakat di Desa Cijolang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut pada Jumat (9/9/2022).

Bidang Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cijolang, Ridwan Zainal Arifin mengatakan aksi tersebut dilakukan karena adanya keresahan masyarakat yang mengetahui adanya aktifitas jual beli obat-obatan terlarang.

Baca juga: Pesta Miras di Alun-alun, 5 Remaja Usia Sekolah Diciduk Satpol PP Majalengka, Gurunya Dipanggil

Ia menyebut, banyak remaja yang sering melakukan transaksi di kios tersebut. Setelah digerebek, pihaknya menemukan obat-obatan psikotropika dan miras.

"Terpantau ada aktifitas memang sudah sejak setahun yang lalu, makin ke sini konsumennya makin banyak, akhirnya kami grebek," ujarnya saat dihubungi Tribunjabar.id, Sabtu (10/9/2022).

Setelah digrebek, akhirnya pemilik kios mengizinkan lapaknya itu dibongkar oleh warga.

Pemilik pun menurutnya melakukan perjanjian dengan masyarakat untuk tidak berjualan obat-obatan terlarang dan miras.

"Kami nasehati juga, tapi jika mengulanginya lagi atau siapapun yang berani mengedarkan narkoba di Limbangan, akan kami sikat habis," ucapnya.

Ridwan menyebut berdasarkan pengakuan dari pemilik kios, obat-obatan tersebut didatangkan dari Aceh lalu dijual di wilayah Garut.

Kapolsek Limbangan AKBP Uus Susilo mengatakan pembongkaran itu juga dibarengi dengan deklarasi penolakan peredaran obat-obatan terlarang di kawasan Limbangan.

Baca juga: Empat Pemuda Cileunyi Hilang Nyawa Setelah Tenggak Miras Oplosan, Bahannya Alkohol Medis dan Sprite

"Pembongkaran dibarengi dengan deklarasi masyarakat dan MUI di Limbangan menolak peredaran obat-obatan terlarang," ujarnya.

Dari tangan pemilik kios pihaknya mengamankan belasan butir obat-obatan jenis pil Dextro dan barang haram lainnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved