Kata Pangdam Jaya Soal Isu Ketakharmonisan Panglima TNI dan KSAD

Komisi I DPR RI Fraksi PDI-P Effendi Simbolon menyinggung hubungan tidak harmonis antara Andika Perkasa dan Dudung Abdurachman.

SETPRES/AGUS SUPARTO
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (kiri) berpose bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa diisukan tak harmonis dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayor Jenderal Untung Budiharto menepis isu hubungan tak harmonis Panglima TNI dan KSAD.

Menurut Untung Budiharto, tidak ada polemik antara Andika Perkasa dan Dudung Abdurachman.

Ia mengaku melaksanakan perintah baik dari Panglima TNI maupun KSAD.

"Buktinya, saya bisa bekerja normal tanpa ada masalah," ujar Untung Budiharto saat ditemui di Markas Kodam Jaya, Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022).

Ia mengatakan tidak ada masalah di kesatuan TNI dan menilai hubungan Andika Perkasa dan Dudung Abdurachman tetap harmonis.

Baca juga: KSAD Dudung Akhirnya Bicara Isu Ketidakharmonisan dengan Panglima TNI, Tegaskan Satu Hal Ini

"Saya kira, kami harmonis saja. Saya kira itu cuma isu yang dikembangkan. Kami sendiri tidak ada masalah satu kesatuan," kata Untung Budiharto.

"Saya belum nanya apakah bapak (Andika dan Dudung) harmonis atau tidak, tapi yang saya lihat di organisasi tidak ada masalah," ujar Untung Budiharto.

Sebelumnya, Komisi I DPR RI Fraksi PDI-P Effendi Simbolon menyinggung hubungan tidak harmonis antara Andika Perkasa dan Dudung Abdurachman.

"Ini semua menjadi rahasia umum, Pak. Rahasia umum, Jenderal Andika. Di mana ada Jenderal Andika, tidak ada KSAD. Jenderal Andika membuat Super Garuda Shield, tidak ada KSAD di situ," ujar Effendi Simbolon di ruang rapat Komisi I DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/9/2022).

Sedianya, Dudung Abdurachman hadir dalam rapat dengan Komisi I DPR hari itu, tapi kemudian diwakili Wakil KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto.

Baca juga: Jawaban Panglima TNI Andika Perkasa Saat Disebut Tak Harmonis dengan KSAD, Ditanyakan Langsung Saja

Rapat itu dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yugo Margono, dan KSAU Fadjar Prasetyo dari unsur pimpinan TNI.

Effendi heran kedua pimpinan di TNI itu saling mempertahankan ego masing-masing. Dia menyebutkan, tindakan Andika Perkasa dan Dudung Abdurachman merusak tatanan hubungan di TNI.

“Ego Bapak berdua itu merusak tatanan hubungan junior dan senior di TNI," ucap dia. Sementara itu, Andika menyatakan tidak ada masalah dengan Dudung.

"Ya, dari saya tidak ada (masalah) karena semua yang berlaku sesuai peraturan perundangan tetap berlaku selama ini. Jadi, enggak ada yang kemudian berjalan berbeda," kata Andika Perkasa.

Penulis : Nirmala Maulana Achmad

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tepis Isu Panglima Andika dan KSAD Dudung Tak Harmonis, Pangdam Jaya: Tak Ada Masalah, Buktinya Saya Bisa Kerja Normal"

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved