Kemenkes Periksa 41 Sampel Cacar Monyet, Baru 1 yang Terkonfirmasi, Akan Siapkan Vaksin dari Denmark

Dari total 41 sampel yang sudah dilakukan pemeriksaan itu, hingga saat ini baru satu pasien yang dinyatakan terkonfirmasi cacar monyet tersebut

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono saat ditemui di Puskesmas Batujajar, KBB, Rabu (31/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Kementerian Kesehatan hingga saat ini telah melakukan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) terhadap 41 sampel dari pasien yang suspek cacar monyet atau monkeypox.

Dari total 41 sampel yang sudah dilakukan pemeriksaan itu, hingga saat ini baru satu pasien yang dinyatakan terkonfirmasi cacar monyet tersebut yakni pasien asal Jakarta yang baru pulang dari luar negeri.

"Cacar monyet sudah ditemukan 1 dari 41 pemeriksaan dan itu baru disembuhkan 1. Kita sudah identifikasi dengan menggunakan Whole Genome Sequencing," ujar Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono saat ditemui di Puskesmas Batujajar, KBB, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Cacar Monyet hanya Menulari Kaum LGBT adalah Hoaks, Semua Orang Bisa Kena, Ini Gejalanya

Dante mengatakan, untuk pasien yang terkonfirmasi cacar monyet tersebut sudah dilakukan penanganan, termasuk diberikan obat-obatan agar kondisinya terus membaik.

"Sudah kita lakukan penanganan dan dievaluasi. Laporan terakhir yang saya terima sudah mulai ada perbaikan klinis setelah diberikan obat-obatan oleh dokter," katanya.

Sementara untuk mencegah penularan cacar monyet ini, pihaknya akan terus berupaya untuk mendatangkan vaksin cacar monyet dari dari luar negeri karena sampai saat ini masih belum tersedia di Indonesia.

"Vaksin didatangkan langsung dari Denmark dan sedang kita upayakan, masih belum ada sampai sekarang, tapi sedang di upayakan, semoga bisa tersedia dalam waktu yang lebih cepat," ucap Dante.

Menurutnya, penyakit cacar monyet ini penularannya bukan seperti Covid-19 yang melalui dahak dan batuk, tetapi penularan cacar monyet ini melalui kontak secara langsung.

Baca juga: Penjelasan Kenapa Orang yang Sudah Dikuris Memiliki 85 Persen Kekebalan Terhadap Cacar Monyet

"Jadi luka cacar monyet itu, luka yang menempel di kulit. Seperti misalnya melalui hubungan seksual dengan kontak langsung pada saat kontak erat dan sebagainya," katanya.

Untuk mencegah penularan cacar monyet tersebut, kata dia, sebetulnya memang cukup mudah yakni dengan cara menghindari kontak langsung dengan penderita yang sudah terkonfirmasi.

"Jadi penanganannya juga gampang dengan menghindari kontak langsung dengan yang menderita cacar monyet," ucap Dante.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved