Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Panitia KKN Tematik Kelompok 34 terdiri dari 20 orang mahasiswa yang diketuai oleh Ai Siti Komariah dengan anggota Nadhira Aulia Zahra, Tyan Lassanova

Dok. UBK
Kelompok 34 

TRIBUNJABAR.ID, Panitia KKN Tematik Kelompok 34 terdiri dari 20 orang mahasiswa yang diketuai oleh Ai Siti Komariah dengan anggota Nadhira Aulia Zahra, Tyan Lassanova Fazrin Nugraha, Mela Sholifah, Sinta Bela, Zahra Alfa Latifah, Resdiani Auliya Puteri, Alvelysia Arsya Ramadhanti, Ahda Qurotul Ainun, Sri Rahma Utami, Sinta Juliani, Siti Soviyah, Triana Puspita Meida, Anissa Nadya Oktrivani, Aprilya Andyani Lukman, Alieq Fahmilhayat, Ogi Dienda Pratama, Regi Bayu Anggara, Riyanti Ratu Jumadila dan Niken Oktavia. Mahasiswa di bimbing oleh Dosen Pembimbing yang terdiri dari 5 orang yang diketuai oleh Ns. H Baharudin Lutfi S, S. Kep., M. Kep dengan anggota Antri Ariani, S. ST., M. Kes, apt. Rizki Siti Nurfitria, M. SM, Yani Enita, SST, dan Irisanna T, S. Kep., Ners., M. Kep.

Kegiatan KKN Tematik Kelompok 34 dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 10 Agustus 2022 yang berlokasi di Rancakuya Rt 01 Rw 02.

Sebelum pelaksanaan KKN Tematik di mulai, Kelompok 34 melakukan survey lokasi Rancakuya Rt 01 Rw 02 terlebih dahulu lalu melakukan perizinan kerja sama kepada pihak Desa Sangiang untuk melakukan kegiatan KKN Tematik di Rancakuya Rt 01 Rw 02.

Sasaran dari kegiatan KKN ini yakni seluruh Masyarakat Rancakuya Rt 01 Rw 02. Berdasarkan analisis awal yang Kelompok 34 lakukan yakni ditemukan masih banyak warga dengan berperilaku tidak sehat seperti tidak memperhatikan kebersihan diri dari tiap individu, buang sampah sembarangan, kondisi lingkungan yang kumuh penuh dengan sampah, kondisi rumah dengan tingkat kebersihan yang kurang serta kondisi peternakan yang sangat dekat dengan rumah kurang terawat.

Oleh karena itu, Kelompok 34 menentukan judul yakni “Pemberdayaan Masyarakat dalam Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)”.

Kelompok 34 mengadakan kegiatan seperti Sosialisasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Sosialisasi terkait Kebersihan Gigi dan Mulut serta Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar, Pendataan Kondisi Rumah, Kerja Bakti, Senam Pagi, Penanaman tanaman hijau di lingkungan, Penyediaan Tempat sampah serta di tutup dengan hiburan perlombaan bersama Masyarakat Rancakuya Rt 01 Rw 02. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran serta penerapan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat.

Kegiatan pertama yang Kelompok 34 selenggarakan merupakan Sosialisasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bersama Masyarakat Rancakuya Rt 01 Rw 02 yang dilaksanakan pada Hari Rabu, 03 Agustus 2022.

Kelompok 34 mengadakan kegiatan seperti Sosialisasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
Kelompok 34 mengadakan kegiatan seperti Sosialisasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Kegiatan ini diawali dengan pre-test pada awal acara dan post-test pada akhir acara mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Setelah dilaksanakannya Sosialisasi PHBS, pengetahuan dari masyarakat terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) meningkat.

Kegiatan kedua dilaksanakan pada hari Kamis, 04 Agustus 2022 yakni melakukan Pendataan Kondisi Rumah Masyarakat Rancakuya Rt 01 Rw 02 dengan cara mendatangi setiap rumah Warga di Rancakuya Rt 01 Rw 02.

3 Kelompok 34 mengadakan kegiatan seperti Sosialisasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
Kelompok 34 mengadakan kegiatan seperti Sosialisasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Pendataan kondisi rumah yang dilakukan meliputi anggota keluarga, kondisi rumah, kebersihan rumah, serta pemanfaatan pekarangan yang dilakukan. Untuk hasil dari pendataan tersebut langsung diserahkan kepada pihak Desa Sangiang untuk di tindak lanjuti.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved