Guru di Singaparna Sukses Susun Bahan Ajar Muatan Lokal Sejarah Pahlawan Nasional KH Zaenal Mustofa

Ida Farida, guru Pendidikan Sejarah di SMA Negeri 1 Singaparna, Tasikmalaya, berhasil menyusun bahan ajar sejarah pahlawan nasional KH Zaenal Mustofa

Penulis: Firman Suryaman | Editor: Darajat Arianto
Dok. Pribadi
Dr Ida Farida Ningrum, guru Pendidikan Sejarah di SMA Negeri 1 Singaparna, Tasikmalaya, berhasil menyusun bahan ajar sejarah pahlawan nasional KH Zaenal Mustofa. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Seorang guru Pendidikan Sejarah di SMA Negeri 1 Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, berhasil menyusun bahan ajar sejarah KH Zaenal Mustofa, pahlawan nasional asal Tasikmalaya.

Bahan ajar muatan lokal itu berhasil diselesaikan oleh guru Pendidikan Sejarah bergelar doktor, Ida Farida Ningrum, dan diselesaikan bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bahan Ajar yang nantinya diperuntukan bagi siswa SMAN, SMK dan sederajat itu kini sedang dalam proses revisi dan update data yang sebelumnya tidak masuk.

“Harapan saya sih secepatnya. Tapi kan tidak sesederhana itu, karena ada tahapan yang harus ditempuh. Misalnya saat ini saya sedang terus melakukan revisi dan update data yang belum tersentuh sebelumnya," kata Ida, Jumat (19/8). 

Tahap selanjutnya mengajukan draft bahan ajar itu ke Dinas Pendidikan Jabar.

"Jika sudah mendapat izin, saya tinggal melakukan sosialisasi ke guru-guru sejarah. Jadi tahapannya seperti itu," ujarnya.

Ida mengungkapkan, bahan ajar muatan lokal sejarah KH Zaenal Mustofa sangat penting agar generasi muda mengetahui bagaimana perjuangan Pahlawan Nasional itu mempertahankan kemerdekaan.

Baca juga: FAKTA-fakta Paskibraka, Sejarah Hingga Makna Pasukan 17, 8, dan 45, Pertama Kali Ada di Yogyakarta

"Mungkin generasi saat ini sudah familier dengan nama KH Zaenal Mustofa karena menjadi nama jalan utama di pusat Kota Tasikmalaya," kata Ida.

Namun bisa dipastikan mereka belum mengetahui lebih dalam siapa sosok Pahlawan Nasional tersebut dan seperti apa perjuangannya saat itu.

"Dengan mengetahui siapa sosok KH Zaenal Mustofa, para peserta didik khususnya, umumnya generasi muda, mampu meneladani kepahlawanan dan ketokohan KH Zaenal Musthafa," ujar Ida. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved