Bandung Sebagai Kota Pertama Roadshow Penurunan Stunting

Kota Bandung menjadi kota pertama roadshow penurunan stunting di Indonesia

Editor: Siti Fatimah
istimewa
Ketua Umum Dharma Pertiwi Hetty Andika Perkasa memasak makanan sehat untuk ibu hamil dan baduta bersama tim GulaVit. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Presiden Joko Widodo menunjuk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana
Nasional (BKKBN) sebagai badan yang bertanggung jawab dan mengetuai pelaksanaan percepatan penurunan angka stunting di Indonesia.

Dalam melaksanakan tugas ini, BKKBN bersama dengan TNI/ POLRI akan melakukan kegiatan roadshow ke 7 Provinsi dengan angka stunting tertinggi dan 5 Provinsi padat penduduk.

Pada acara Kick Off Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting yang bertemakan “Kolaborasi TNI dan BKKBN Serta Mitra Kerja Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting  untuk Mewujudkan SDM Unggul Indonesia”.

Baca juga: Penanganan Stunting di Sejumlah Daerah Menunjukkan Peningkatan Signifikan

Pada kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan kerjasama berupa penandatangan Nota Kesepahaman oleh Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo dan Ketua Umum Dharma Pertiwi  Hetty Andika Perkasa di Jakarta, Senin (08/08/2022).

Pada acara tersebut, Ketua Umum Dharma Pertiwi,  Hetty Andika Perkasa dikukuhkan sebagai “bunda asuh anak stunting”.

Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri, hadir dalam acara tersebut, sekaligus meluncurkan buku ; Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil untuk Generasi Emas Indonesia.

Kota Bandung sebagai kota pertama roadshow kolaborasi BKKBN dan TNI.

Acara digelar di Kodim 0618 Kota Bandung (9/8).

Baca juga: Kota Bandung Daerah Pertama yang Didatangi Istri Andika Perkasa Untuk Penurunan Stunting

Dihadiri Ketua Dharma Pertiwi Hetty Andika Perkasa, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Purwo Sudaryanto, Kapuskes TNI Mayjen TNI dr Budiman, Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi BKKBN Sukaryo Teguh Santoso, Dandim Letkol Inf Donny I Bainuri, dan isteri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya, selaku Ketua Tim PKK Jawa Barat.

“Road show dilaksanakan dalam rangka, percepatan penurunan stunting, ada program KB (Keluarga Berencana), yaitu Medis Operasi Pria (MOP) dan KB MOW atau yang disebut juga dengan tubektomi,” kata Dandim 0618/BS Letkol INF Donny Ismuali Bainuri.

Selain melaksanakan program KB dan penyuluhan kesehatan untuk ibu hamil dan kader kesehatan, juga digelar demo masak yang dilaksanakan oleh tim GulaVit, gula bervitamin pertama di Indonesia.

Dalam demo masak ini, Ketua umum Dharma Pertiwi Hetty Andika Perkasa dengan antusias ikut terlibat dalam proses memasak bersama chef dari tim GulaVit.

Baca juga: Percepat Penurunan Stunting, BKKBN dan Kemendagri Berikan Dukungan Kepada Pemerintah Daerah

Hetty juga memotivasi ibu-ibu hamil dan ratusan pengunjung untuk bijak memilih bahan baku yang bernutrisi dan menunjang kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya.

Menu yang dipilih berasal buku resep yang dibuat Megawati Soekarnoputri.

Bahan bakunya mudah didapat, murah, proses memasaknya sederhana namun kandungan gizinya tinggi.

Dalam demo masak ini, tim GulaVit menggunakan produk gula dengan varian vitamin A untuk menunjang kebutuhan asupan vitamin A untuk ibu dan bayinya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved