Apa Itu Fisioterapi ? Berikut Pengertian dan Beberapa Manfaatnya

Menjalani kehidupan sehari – hari dengan jiwa dan raga yang sehat adalah impian banyak orang, namun untuk menjaga tubuh kita untuk terhindar dari suat

Istimewa
Fisioterapi Jakarta SilveryWellness.com 

TRIBUNJABAR.ID, Menjalani kehidupan sehari – hari dengan jiwa dan raga yang sehat adalah impian banyak orang, namun untuk menjaga tubuh kita untuk terhindar dari suatu penyakit memang terbilang gampang – gampang susah.

Rasa sakit memang bisa saja menimpa pada seseorang tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu, meskipun sebelumnya terdapat berbagai macam gejala yang bisa kita atasi dengan berobat ke dokter.

Namun ada beberapa penyakit atau kelainan yang memang membutuhkan metode fisioterapi agar pasien bisa pulih dan sehat kembali.
Apa itu Fisioterapi ?

Fisioterapi adalah proses rehabilitasi yang dilakukan agar seseorang terhindar dari risiko cacat fisik akibat cedera atau penyakit. Terapi ini bermanfaat untuk meningkatkan gerakan, mengurangi rasa sakit dan kekakuan, mempercepat proses penyembuhan, dan meningkatkan kualitas hidup.

Fisioterapi dilakukan dengan cara latihan fisik, terapi manual, serta pemberian edukasi dan saran pengobatan.

Apabila seseorang mengalami cedera atau penyakit permanen, fisioterapi dilakukan untuk mengurangi dampaknya.

Prosedur pelaksanaan-nya dimulai dari beberapa Persiapan Fisioterapi, kemudian setelah semuanya sudah siap baru dimulai Pelaksanaan Fisioterapi.

Lantas Apa Manfaat Fisioterapi ini? Diantaranya adalah :
1. Pemulihan dari cedera
2. Pemulihan stroke
3. Manajemen nyeri
4. Menghindari operasi
5. Peningkatan keseimbangan
6. Manajemen masalah medis terkait usia
7. Pencegahan cedera lanjutan

Setelah mengenal manfaat dari fisioterapi, lalu, di manakah kita dapat menemukan fisioterapis? Fisioterapi Jakarta SilveryWellness.com salah satunya.

Fisioterapis sering kali bekerja sebagai bagian dari tim multidisiplin di berbagai bidang kedokteran termasuk rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan masyarakat, beberapa tim olahraga, bahkan beberapa terapis dapat datang ke rumah.

Anda mungkin memerlukan rujukan dari dokter umum untuk menjalani fisioterapi. Meskipun di beberapa tempat, Anda dapat datang ke lokasi terapi/klinik. Kebanyakan fisioterapi swasta menerima rujukan mandiri secara langsung.

Saat Anda datang ke ahli terapi fisik atau fisioterapi inilah yang perlu Anda ketahui. Anda akan mendapatkan pemeriksaan dan evaluasi fisik termasuk riwayat kesehatan dan prosedur pengujian tertentu termasuk evaluasi postur, gerakan, kelenturan, serta kinerja otot dan sendi.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan diagnosis klinis, prognosis, rencana perawatan serta tujuan jangka pendek dan panjang.

Dapatkan perawatan intervensi terapi fisik berdasarkan evaluasi dan diagnosis terapis. Anda penikmat Oploverz yang di terapi juga akan menerima nasehat dari terapis terkait gangguan yang dialami.

Anda juga akan sering berlatih dengan fisioterapis untuk membantu memulihkan gangguan yang dialami sehingga bisa menjalani aktivitas normal.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved