Diet Plastik, Daging Sapi Kurban dari AMPI Ciamis Dibungkus dengan Daun Jati yang Punya Keunggulan

daging kurban yang dibagikan oleh AMPI Ciamis kepada warga lingkungan dikemas dengan cara yang unik. Dibungkus pakai daun jati.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
Dok DPD AMPI Ciamis
AMPI Ciamis menggelar kurban di sekretariatnya di Jalan Rd Okas Bratakusumah Lingkungan Karang Ciamis, Senin (11/7/2022). Daging sapi kurban yang dibagikan kepada warga sekitar dibungkus dengan daun jati. Bahan yang alami mudah terurai dan mengurangi penggunaan plastik. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS - Untuk mengurangi beban ancaman limbah plastik, AMPI Ciamis ternyata punya cara sendiri dalam menerapkan diet plastik.

Bersamaan dengan momen hari raya Iduladha, daging kurban yang dibagikan oleh AMPI Ciamis kepada warga lingkungan dikemas dengan cara yang unik. Dibungkus pakai daun jati.

“Kami menggunakan daun jati sebagai pengganti kantong plastik (kantong kresek),’ujar Ketua DPD AMPI Ciamis, M. Ijudin Senin (11/7).

Selain daun jati gampang didapat dan ada di lingkungan warga, ternyata daun jati tidak mudah robek dan daunnya lebar serta ramah lingkungan.

Daun jati mudah terurai, tidak seperti plastik.

Dan penggunaan daun jati tersebut tentu sesuai dengan imbauan Bupati Ciamis yang menjadi program Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan (DPRKPLH) Ciamis menghadapi kegiatan kurban Iduladha tahun ini.

Tahun  ini menurut Ijudin, AMPI Ciamis menebar 3 ekor sapi kurban. Salah satunya yang disembelih di Sekretariat AMPI Ciamis di Jalan Rd Okas Bratakusumah Lingkungan Karang Ciamis.

Daging kurban yang dibagikan ke warga di Lingkungan Karang sekitar Sekretariat AMP Ciamis tersebut terlebih dahulu dibungkus dengan daun jati.

Baca juga: Terlalu Banyak Makan Daging Kurban, Ini Tips Menjaga Kesehatan Olahraga hingga Makan Buah-buahan

Sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat, warga yang akan menerima daging kurban menurut Ijudin sebelumnya lewat RT/RW sudah diinformasikan ke masing-masing untuk membawa daun jati.

Kemudian pulangnya membawa daging yang dibungkus dengan daun jati tersebut.

“Kami juga menginformasikan kepada masyarakat bahwa sapi yang disembelih untuk kurban, adalah sapi sehat. Tidak terjangkit penyakit PMK,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved