Awasi Lalu Lintas Hewan Ternak dari Luar, Polres Cirebon Kota Siapkan Pos Pengecekan di Perbatasan

Menurut dia, setiap hewan ternak yang masuk ke Kota Cirebon akan diperiksa kesehatan dan kelengkapan SKKH dari dokter hewan.

Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Hewan ternak di Kota Bandung, Kamis (16/6/2022). Jajaran Polres Cirebon Kota menyiapkan pos pengecekan hewan ternak dari luar daerah yang memasuki ke Kota Cirebon. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON- Jajaran Polres Cirebon Kota menyiapkan pos pengecekan hewan ternak dari luar daerah yang memasuki ke Kota Cirebon.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, di pos itu, petugas akan mengecek setiap ternak yang dikirim ke Kota Udang dari luar daerah.

Menurut dia, setiap hewan ternak yang masuk ke Kota Cirebon akan diperiksa kesehatan dan kelengkapan SKKH dari dokter hewan.

"Ini untuk memastikan hewan ternak asal luar daerah yang masuk ke Kota Cirebon sehat dan tidak terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK)," ujar M Fahri Siregar saat ditemui di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Sabtu (9/7/2022).

Ia mengatakan, posko pengecekan hewan ternak itu juga melibatkan unsur TNI dan dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon.

Baca juga: 182 Hewan Ternak di Kota Cirebon Sudah Divaksin PMK, Butuh Lebih Banyak Dosis Vaksin Lagi

Pihaknya mengakui, hewan ternak dari luar daerah yang tidak dilengkapi SKKH dan mengalami gejala PMK maka akan dilarang masuk Kota Cirebon.

Hewan ternak tersebut bakal dikembalikan ke daerah asalnya, karena tidak memenuhi standat kesehatan dan persyaratan administrasi yang ditetapkan.

"Lokasi pos pengecekannya di Jalan Kalijaga yang merupakan pintu masuk ke Kota Cirebon, dan sudah beroperasi mengawasi pergerakan hewan ternak," kata M Fahri Siregar.

Fahri menyampaikan, pos pengecekan hewan ternak tersebut merupakan bagian dari Operasi Aman Nusa yang dilaksanakan mulai 4 Juli - 2 Agustus 2022.

Selain pemantauan lalu lintas hewan ternak, operasi itu mencakup pendampingan dan pemantauan vaksinasi PMK kepada hewan ternak di Kota Cirebon.

Ia mengatakan, sasaran Operasi Aman Nusa ialah mencegah penyebaran PMK, termasuk pemantauan penyembuhan hewan ternak yang terjangkit penyakit tersebut.

"Operasi ini juga turut melibatkan unsur TNI dan pemerintah daerah, khususnya dalam mendeteksi penyebaran PMK di Kota Cirebon," ujar M Fahri Siregar.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved