Kapolres dan Dandim 0613/Ciamis Tiba-tiba Datangi Kandang Ternak Warga, Ini yang Dilakukan Mereka

Kapolres Ciamis dan Dandim mendatangai peternakan sapi milik warga menjelang Iduladha.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Istimewa/Dok Humas Polres Ciamis
Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi didampingi Sekda H Tatang serta, Kadisnakan Ciamis H Syarief Nurhidayat Selasa (5/7/2022) siang sidak kandang sapi peternak di Margaluyu, Cikoneng, Ciamis. Sidak tersebut untuk memastikan sapi menjelang hari raya Iduladha ini benar-benar sehat dan terbebas dari PMK. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi seusai acara syukuran Hari ke-76 Bhayangkara di Aula Pesat Gatra Polres Ciamis, Selasa (5/7/2022) siang langsung melakukan patroli pengontrolan peternakan sapi.

Salah satu kandang peternak yang disidak Selasa siang tadi adalah kandang sapi milik warga di Dusun Cisaray, Desa Margaluyu, Cikoneng.

Pada kesempatan tersebut Kapolres dan Dandim 0613/Ciamis didampingi Sekda Ciamis Dr H Tatang MPd; Kadis Peternakan dan Perikanan Ciamis, Drs H Syarief Nurhidayat MSi; Kasat Binmas Polres Ciamis AKP Roesdiana; Kasat Intelkam serta personel gabungan dari Polsek Cikoneng dan Koramil Cikoneng, berikut tim Kesmavet dan Keswan Disnakan Ciamis

Menurut Kapolres Ciamis kegiatan partroli ke kandang peternak tersebut untuk memastikan pada Hari Raya Iduladha 1443 H ini hewan kurban terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Dan kegiatan tersebut sekaligus merupakan bagian  dukungan dari daerah untuk pemerintah pusat dalam upaya mencegah penyebaran wabah PMK.

“Kami mengimbau para peternak untuk segera memvaksin ternak sapinya supaya terhindar dari wabah PMK,” ujar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Kapolres juga mengingatkan para peternak dan pedagang ternak (bandar) tentang bahaya PMK. Dan memastikan kalau sapi yang dijual untuk hewan kurban harus terbebas dari wabah PMK, baik itu sapi yang berasal dari peternak maupun sapi yang berasal dari bandar.

Pada kesempatan tersebut AKBP Tony Prasetyo pun mengimbau peternak untuk meningkatkan penjagaan kandang ternak menjelang Iduladha ini guna mengantisipasi aksi pencurian ternak, maupun bahaya lainnya seperti kebakaran.

Baca juga: Hingga H-5 Iduladha, Ada 800 Ekor Sapi di Subang yang Terpapar PMK, Sembilan Ekor di Antaranya Mati

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved