Kabar Baik Bagi Warga Garut Selatan, Pelayanan SIM Akan Dibuka di Selatan, Warga Tak Perlu ke Polres

Ada kabar baik bagi warga Garut Selatan. Jika jadi tahun depan warga tak perlu ke Polres Garut untuk mengurus pembuatan atau perpanjangan SIM.

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari
Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono saat diwawancarai awak media, Selasa (5/7/2022) seusai upacara HUT ke-76 Bhayangkara di Mapolres Garut. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Polres Garut berencana membuka Satuan Penyelenggara Administrasi atau Satpas SIM di wilayah selatan Kabupaten Garut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono.

Ia mengatakan pembangunan fasilitas SIM di Garut Selatan baru direncanakan masuk ke dalam agenda tahun 2023.

"Saat ini tim kami sedang berupaya untuk merencanakan, apakah itu nanti masuk melalui hibah provinsi atau melalui anggaran Polri," ujarnya saat diwawancarai awak media, Selasa (5/7/2022) seusai upacara HUT ke-76 Bhayangkara di Polres Garut.

Pembangunan fasilitas SIM di wilayah selatan Kabupaten Garut diharapkan memudahkan masyarakat untuk membuat SIM atau melakukan perpanjangan.

Selain itu masyarakat juga bisa menghemat waktu, karena selama ini pemohon dari wilayah selatan harus menghabiskan waktu seharian untuk mengurus SIM.

Untuk lokasi pembangunan fasilitas tersebut saat ini masih dibahas oleh pihaknya dengan Pemerintah Kabupaten Garut.

"Untuk konsep awal kemungkinan di Cikajang, tapi nanti bisa di tempat lain, apakah di tanah Pemda atau di tanah kami yang ada di selatan," ucap AKBP Wirdhanto.

Polres Garut juga sebelumnya sudah mengganti sistem pelayanan SIM, yang semula konvensional kini diubah menjadi sistem digital.

Hal tersebut untuk mencegah praktek pungli di kawasan pembuatan atau perpanjangan SIM Polres Garut.

Calon pembuat SIM nantinya akan dilayani langsung oleh sistem berbasis elektronik sehingga tidak ada kontak fisik.

Pemohon akan terlebih dahulu mendapatkan nomor antrian dengan sistem digital, kemudian masuk dan mengisi formulir pendaftaran perpanjangan atau pembuatan baru.

Nomor antrian itu juga bisa didapatkan di aplikasi Smart Polantas Polres Garut, sehingga pemohon tidak perlu berangkat lebih awal dalam mengambil nomor antrean.

Baca juga: Kabar Gembira untuk Nakes di Garut, Bupati dan DPRD Setuju Kuota Pengajuan P3K Ditambah

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved