DKPPP Catat 122 Kasus PMK di Kota Cirebon, Tak Ada Penambahan Kematian dan Potong Paksa Hewan Ternak

Kini jumlah hewan ternak yang terjangkit PMK meningkat hampir dua kali lipat dibanding ternak yang sebelumnya dinyatakan suspek

Tribun Jabar/ Kiki Andriana
ILUSTRASI- Petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang tengah memasang eartag (penanda) untuk hewan ternak sapi yang telah disuntik vaksin penyakit mulut kuku (PMK) di Tanjungsari, Sumedang, Sabtu (2/7/2022) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON- Kasus hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kota Cirebon bertambah.

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan ( DKPPP ) Kota Cirebon mencatat hingga kini kasus PMK di Kota Udang mencapai 122 ekor.

Plh Kepala Bidang Pertanian dan Peternakan DKPPP Kota Cirebon, Eko Yosi Indriastuti, mengatakan, seratusan hewan ternak tersebut tersebar di sejumlah kandang.

DKPPP memastikan tidak ada penambahan jumlah hewan ternak terjangkit PMK yang mati dan dipotong paksa.

"Ternak yang dipotong paksa dua ekor dan mati satu ekor. Kami berharap tidak bertambah lagi," kata Eko Yosi Indriastuti saat ditemui di DKPPP Kota Cirebon, Jalan Kalijaga, Kota Cirebon, Selasa (5/7/2022).

Baca juga: Tanggapi Nihil Kasus PMK di Majalengka, Anggota DPR Minta Dinas Terbuka Soal Data

Ia mengatakan, pada akhir Juni 2022 jumlah hewan ternak yang dinyatakan positif PMK hanya enam, sedangkan 63 ekor lainnya berstatus suspek.

Kini jumlah hewan ternak yang terjangkit PMK meningkat hampir dua kali lipat dibanding ternak yang sebelumnya dinyatakan suspek, yakni mencapai 122 ekor.

Menurutnya, itu menjadi bukti nyata betapa cepatnya penyebaran PMK terhadap hewan ternak di Kota Cirebon.

"Penambahan kasusnya tak sekaligus, tapi bertahap sesuai jumlah pemeriksaan sampel di Balai Veteriner Subang, dan hingga kini totalnya 122 ekor," ujar Yosi Eko Indriastuti.

Ia menyampaikan, semua hewan ternak yang terjangkit PMK juga terus dipantau kondisinya dan diberikan obat serta vitamin secara rutin.

Ia juga berharap semuahewan ternak tersebut kondisinya membaik dan secepatnya dinyatakan sembuh dari PMK.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved