Puluhan Tahun Gelap, Kampung Cisoka di Sumedang Akhirnya Teraliri Listrik PLN

Kampung Cisoka di tengah perkebunan teh di Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang akhirnya mendapat aliran listrik.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Kiki Andriana
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Agung Nugraha beserta Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat meresmikan pemasangan listrik di Kampung Cisoka di tengah perkebunan teh di Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Rabu (29/6/2022)  

Laporan Kontributor TribunJabar.id, Sumedang, Kiki Andriana


TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Kampung Cisoka di tengah perkebunan teh di Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang akhirnya mendapat aliran listrik.

Selama puluhan tahun, kampung ini tak pernah tersentuh listrik. Untuk menerangi kampung yang dihuni 80 jiwa ini, PLN memasang jaringan listrik  sejauh 7,5 kilometer.

"Rumah satu KK dipasangi masing-masing 900 volt," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Agung Nugraha usai peresmian pemasangan, Rabu (29/6/2022). 

PLN menyediakan trafo 100 kva. Kekuatan pasokan listrik dapat ditambah jika kebutuhan meningkat. Agung berharap akan tumbuh pemanfaat listrik yang positif di daerah berjarak 26 kilometer dari pusat kota Sumedang itu, untuk belajar dan menumbuhkan usaha mikro kecil menengah (UMKM). 

"Harapannya, manfaatkan listrik untuk kegiatan positif, belajar, ibadah, dan nanti semoga tumbuh UMKM," katanya. 

Baca juga: Warga Hidup Dalam Gelap, Listrik Belum Masuk ke Kampung Cisoka Sumedang, Terkendala Izin Konservasi

Pemasangan listrik ke perkampungan Cisoka dengan penghuni sebanyak 30 keluarga ini sempat tertunda lama dari rencana yang dijadwalkan karena harus melewati kawasan hutan yang dijagai Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA). 

"BKSDA perlu kajian mendalam tentang dampak jeringan listrik itu di kawasan lindung. Jadi sebetulnya bukan tertunda, tetapi menunggu kajian selesai," kata Agung.  

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir yang sama-sama hadir menggunting  pita peresmian jaringan listrik di Cisoka mengatakan bahwa Cisoka merupakan kampung terakhir di Sumedang yang belum teraliri listrik. 

"Ada dua kampung yang tak teraliri listrik, sebelumnya Cigumentong di Sindulang, Cimanggung. Sudah dipasangi. Kini Cisoka, dialiri listrik juga. Jadi tuntas di Sumedang tak ada kampung yang tak teraliri listrik," kata Bupati. 

Namun, meski demikian Bupati menyebutkan dari 400.000 keluarga di Sumedang berdasarkan kartu keluarga, ada 9.000 (2 persen) di antaranya yang belum mampu memasang listrik. 

"Bisa kami berikan solusi melalui CSR atau bantuan dari pemerintah pusat untuk memberikan listrik gratis bagi mereka yang 2 persen ini. Kami ingin akhir tahun ini 100 persen keluarga di Sumedang gunakan listrik sendiri,"  kata Bupati.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved