Jalan Dusun di Karangwangkal Ciamis Tertutup Batu Besar, Jalur Karangduyung-Caringin Terputus

Batu itu tak mungkin disingkirkan pakai alat berat karena sulit untuk akses alat berat.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Dokumen Kades Kawasen/Suharno
Jalan di Dusun Karangwangkal RT 02/01 tertutup tebing longsor dan runtuhan batu besar. Jalur antarkampung di Dusun Karangwangkal terputus, tidak bisa dilewati mobil, angkutan bak terbuka maupun truk. Setelah warga bergotong-gotong ruas jalan itu hanya bisa dilewati sepeda motor dan pejalan kaki. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS- Jalan dusun yang menghubungkan kampung Karangduyung dengan kampung Caringin terputus.

Hal itu akibat longsor tebing di bukit Gowok Rangkok di Dusun Karangwangkal RT 02/01, Desa Kawasen Banjarsari Ciamis, Minggu (26/6/2022) sekira pukul 17.30.

“Waktu kejadian hujan lebat sedang mengguyur pada Minggu (26/6) sekira menjelang magrib,” ujar Kades Kawasen, Suharno kepada Tribun Senin (27/6/2022).

Tebing Bukit Gowok Rangkok di Dusun Karangwangkal yang masuk lokasi hutan Perhutani setinggi 50 meter itu longsor saat hujan lebat mengguyur.

Longsor tidak hanya membawa serta puing tanah, pohon-pohon, tetapi juga batu besar.

Baca juga: Tebing Longsor Terjadi di Bandung Barat, Jalan Desa Ambles dan Dua Rumah Ikut Terancam

Longsor tersebut menimbun ruas jalan dusun yang berada di Blok Karangduyung RT 02/ 01, Dusun Karangwangkal, sehingga membuat akses antarkampung terputus.

Jalur tersebut sempat tidak dilewati sepeda motor maupun pejalan kaki apalagi mobil.

“Warga sudah bergotong-royong menyingkirkan sebagain puing longsor, terutama timbunan tanah dan pohon-pohon. Sekarang ruas jalan suah bisa dilewati pejalan kaki dan sepeda motor, tetapi mobil pribadi, bak terbuka apalagi truk tidak bisa lewat,” katanya.

Sampai Senin (27/6) sore, menurut Suharno, ruas jalan rabat beton tersebut belum bisa dilewati. “Entah sampai kapan bisa dilewati mobil. Karena ada batu besar yang menimbun jalan”ujar Suharno.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved