Proyek Tol Getaci Seksi 1 Hingga Garut Utara, Pembebasan Lahan Akan Dibayarkan Tahun Ini

Proses identifikasi dan pematokan Jalan Tol Gedebage-Cilacap (Getaci) seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara saat ini telah selesai dilakukan.

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Kiki Andriana
ILUSTRASI pembangunan jalan tol. Proses identifikasi dan pematokan Jalan Tol Gedebage-Cilacap (Getaci) seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara telah rampung dan pembebasan lahan akan dibayar tahun ini. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Proses identifikasi dan pematokan Jalan Tol Gedebage-Cilacap (Getaci) seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara saat ini telah selesai dilakukan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana mengatakan pembayaran pembebasan lahan rencananya akan dibayarkan di tahun 2022.

"Untuk pembebasan lahan, tahun ini rencananya sudah mulai dibayarkan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana saat diwawancarai Tribunjabar.id di kantornya, Jumat (24/6/2022).

Ia menyebut di Kabupaten Garut sendiri terdapat 7 kecamatan dan 37 desa atau kelurahan yang akan dilewati Tol Getaci dengan jarak tempuh sekitar 38 kilometer.

Ketujuh kecamatan tersebut yakni Kadungora, Leuwigoong, Leles, Banyuresmi, Karangpawitan, Garut Kota dan Cilawu.

"Garut ini punya dua exit tol, di Banyuresmi dan di kawasan Darul Arqom Cilawu, tapi untuk saat ini pembangunan awal itu hanya sampai Kecamatan Banyuresmi," ucapnya.

Ia meminta masyarakat untuk tidak tergiur dengan penawaran-penawaran dari para makelar tanah dalam proses pembebasan tanah saat ini.

Baca juga: Sekda Pastikan Lahan untuk Tol Getaci di Wilayah Kota Bandung Bebas, Menghubungkan Gedebage-Cilacap

Pemerintah Kabupaten Garut sendiri telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang lahannya akan dibebaskan dalam pembangunan Tol terpanjang di Indonesia itu.

"Sosialisasi telah dilakukan dan kami siap membantu apa saja yang dibutuhkan oleh pemerintah pusat, meskipun tidak terlibat secara langsung karena itu proyek pusat," ucapnya.

Jalan Tol Getaci merupakan Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Pemkab Garut melalui Dinas PUPR Kabupaten Garut tengah menyiapkan program-program pengerjaan jalan yang nantinya dapat mendukung konektivitas dengan adanya jalan tol, salah satunya akses menuju kawasan pariwisata.(*)

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved