Uu Ruzhanul Ulum Buka MTQ ke-37 Jabar di Sumedang, Wagub Sebut MTQ Sangat Banyak Manfaatnya

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum membukan secara resmi gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat Jabar di Sumedang, Minggu (19/6)

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum membukan secara resmi gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat Jawa Barat di Sumedang, Minggu (19/6/2022) malam. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id, Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum membukan secara resmi gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat Jawa Barat di Sumedang, Minggu (19/6/2022) malam. 


"Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, MTQ ke-37, dengan lebih dahulu membaca basmallah, bismillahirrahmanirrahim, resmi dibuka," kata Uu Ruzhanul Ulumdi hadapan hadirin peserta dan ofisial MTQ


Uu didampingi panitia dan pejabat lainnya turun dari podium dan secara simbolis membuka acara dengan sebuah panah. Dia memasang anak panah pada busur yang dia tarik, kemudian dilesatkan ke sasaran berjarak yang sudah tersedia di depannya. 


Menurut Uu, MTQ sangat banyak manfaatnya.

Selain sebagai syiar agama Islam, MTQ berfungsi juga sebagai arena evaluasi untuk para kiai, ulama, dan ahli qiraat, tentang sejauh mana pendidikan dan pembinaan mereka di bidang Alquran kepada masyarakat khususnya santri. 


"Evaluasi untuk ulama qiraah dan LPTQ, sudah sejauh mana pendidikan ke para santri," kata Uu. 


MTQ juga dinilai Uu sebagai arena silaturahmi. 


"Sudah lama tidak ketemu Pak Maman (Maman Imanul Haq) dan Pak Sutrisno dan Bupati se-Jawa Barat, dengan kiai-kiai juga, saya syukur alhamdulillah bisa berjumpa di sini," kata Uu. 

Baca juga: Bupati Sumedang Sebut MTQ ke-37 Jangan Sekadar Rutinitas, Alquran Harus Ada Dalam Kehidupan


Menurut Uu, gelaran MTQ dari waktu ke waktu, apalagi dengan pendanaan yang dialokasikan khusus, adalah bukti baha Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Republik Indonesia pada hakikatnya, menghormati Islam. 


"Penghormatan pemerintah terhadap umat Islam, legalitas formal dalam tiap tahun untuk MTQ ini, bukti pemerintah RI menghargai Islam," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved