Ibadah Haji 2022

Isak Tangis Keluarga Tak Tertahankan Saat Melepas Jemaah Haji Asal Garut Kloter Pertama Berangkat

Suasana haru menyelimuti keberangkatan jemaah haji kloter pertama di SOR Ciateul, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (7/6/2022) malam.

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/SIDQI AL GHIFARI
Sebanyak 404 jemaah haji gelombang pertama berangkat dari Kabupaten Garut, pelepasan keberangkatan diselimuti rasa haru oleh keluarga yang mengantar, Selasa (7/6/2022) malam. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Suasana haru menyelimuti keberangkatan jemaah haji kloter  pertama di SOR Ciateul, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (7/6/2022) malam.

Ribuan anggota keluarga jemaah haji rela berdesak-desakan demi melihat keberangkatan saudaranya ke Tanah Suci.

Beberapa orang menangis haru saat ratusan jemaah haji mulai keluar dari Aula SOR Ciateul menuju bus yang sudah disiapkan di halaman depan.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan tahun ini ada 867 jemaah haji yang siap diberangkatkan.

Dalam kloter keberangkatan pertama malam ini ada 404 jemaah haji.

Ia menyebut pemberangkatan ratusan jemaah haji tersebut akan dibagi menjadi tiga kloter keberangkatan yang akan dilaksanakan dalam beberapa pekan ke depan.

"Suasananya beda ya, sepertinya ada kerinduan yang sangat dalam dari jemaah haji dari keluarga saya tidak menyangka antusiasmenya sangat luar biasa," ujar Helmi Budiman kepada awak media saat pelepasan jemaah haji di SOR Ciateul.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman (Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari)

Ia menuturkan antusiasme masyarakat dalam mengantar jemaah haji terlihat dari penuhnya kawasan SOR Ciateul oleh lautan manusia sejak Selasa siang.

Sejak pandemi Covid-19 keberangkatan jemaah haji ditunda, hal tersebut yang menurutnya menjadi alasan warga dan masyarakat sangat antusias mengantar keluarganya ke titik pemberangkatan.

"Ini yang pertama kali ya sejak wabah pandemi, apalagi kan mereka sebelumnya harus menunggu hingga 7 tahun lebih, sudah lama, sudah rindu," ungkapnya.

Dalam ibadah haji tahun ini Pemerintah Kabupaten Garut telah menetapkan Amirul Haji yaitu Dandim 0611/Garut Letkol Czi Deni Iskandar, ia nantinya akan memimpin langsung prosesi ibadah haji jemaah dari Garut.

"Kita fasilitasi juga ya mulai dari akomodasi dan lain-lain, semoga ibadahnya lancar dan khusyu," ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved