Antisipasi Hepatitis Akut di Bandung, Ridwan Kamil Siapkan Tim Khusus

Meski daerahnya belum ada kasus hepatitis akut, sejumlah laboratorium untuk mengecek sampel terduga penyakit ini sudah disiapkan.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Ravianto
Tribun Jabar/Ery Chandra
Suasana depan Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUP Hasan Sadikin, Kota Bandung, Rabu (29/7/2020). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membentuk tim ahli dari kesehatan untuk mengusut dan melakukan penanganan hepatitis akut di wilayahnya.  

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membentuk tim ahli dari kesehatan untuk mengusut dan melakukan penanganan hepatitis akut di wilayahnya. 

Tim ahli sudah dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Jabar bersama RSUP Hasan Sadikin. 

Meski daerahnya belum ada kasus hepatitis akut, sejumlah laboratorium untuk mengecek sampel terduga penyakit ini sudah disiapkan.

Bahkan alat-alat teknologi molekular terbaru sudah dimiliki. 

"Tim ahli sudah dibentuk bersama RSHS (Rumah Sakit Hasan Sadikin). Laboratorium disiapkan untuk mengecek apakah ini kategori hepatitis akut dan lain sebagainya, saya cek sudah siap, bahkan teknologi molekuler terbaru sudah dimiliki," 

"Kemudian ruangan juga sudah disiapkan, jaga-jaga kalau ada di Jabar," katanya pada TribunJabar, Selasa (10/5/2022). 

Masyarakat Diminta Tidak Panik

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Emil ini meminta masyarakat untuk tidak panik di tengah informasi yang beredar mengenai penyakit hepatitis msiterius. 

Penyebab munculnya penyakit hepatitis akut seperti terjadi di sejumlah negara, termasuk Indonesia hingga kini masih misterius. Di Amerika Serikat, telah dilakukan identifikasi terhadap 5 pasien anak dengan hepatitis (radang hati) yang tidak diketahui penyebabnya di sebuah rumah sakit di Alabama pada Oktober 2021.
Penyebab munculnya penyakit hepatitis akut seperti terjadi di sejumlah negara, termasuk Indonesia hingga kini masih misterius. Di Amerika Serikat, telah dilakukan identifikasi terhadap 5 pasien anak dengan hepatitis (radang hati) yang tidak diketahui penyebabnya di sebuah rumah sakit di Alabama pada Oktober 2021. (The Quint)

Diketahui, Hepatitis akut ini memang sudah bermunculan di sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia.

Namun, hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dan mekanisme penyebaran dari penyakit tersebut. 

"Jadi Jabar belum ada, dan mudah-mudahan tidak ada, sehingga imbauan ke masyarakat yang pertama jangan panik ya, seperti biasa kita sudah mengalami jatuh bangun oleh pandemi," kata Emil. 

Pemerintah Akui Sudah Ada 15 Kasus Hepatitis Akut di Indonesia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut ada 15 kasus hepatitis akut yang hingga kini masih misterius penyebabnya.

Namun dari 15 kasus tersebut, Menkes tidak menyebut apakah masuk kategori terkonfirmasi, suspek atau probable.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved