PNS, TNI dan Polri Siap-siap Terima Gaji ke-13, Ini Besaran Uang yang Diterima

Ini besaran gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri untuk tahun 2022. Dijadwalkan akan segera cair.

Penulis: Rheina Sukmawati | Editor: taufik ismail
kolase
Ilustrasi gaji ke-13 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Berikutini besaran gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri untuk tahun 2022.

Seperti yang diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjanjikan pencairan gaji ke-13 untuk membantu kebutuhan pendidikan putra/putri ASN, TNI, dan Polri.

Dikutip dari Kompas.com, gaji ke-13 diharapkan membantu pendidikan putra/putri ASN, TNI, dan Polri khususnya menyambut tahun ajaran baru Juli mendatang.

"Untuk gaji ke-13, pengaturan pemberian THR di dalam PP Nomor 16/2022 tersebut juga mengatur pemberian gaji ke-13 ini seperti yang selama ini dilakukan tujuannya untuk membantu seluruh aparatur, terutama saat menjelang tahun ajaran baru pada Juli," ujar Menkeu dikutip dari Kompas.com, Senin (9/5/2022).

Sebagai informasi, ketentuan pencairan gaji ke-13 sendiri tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 75/PMK.05/2022 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji ke Tiga Belas Kepada Aparatur Negara, pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Tahun 2022 yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Aturan ini diteken Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 14 April 2022 dan diundangkan di Jakarta pada tanggal 18 April 2022 yang lalu.

Pasal yang mengatur pencairan gaji ke-13 tercantum pada pasal 12 yang menyebutkan, gaji ke-13 paling cepat dibayarkan pada bulan Juli 2022.

Baca juga: ASN di Bandung Tetap Masuk Hari Ini, Bolos Apel Pagi Siap-siap Kena Sanksi

Tapi seperti pada ketentuan pencairan THR sebelumnya, apabila gaji ke-13 belum dapat dibayarkan tepat waktu terutama karena kendala teknis, maka dapat dibayarkan setelah bulan Juli.

Ada pula poin ketiga pada pasal yang sama menegaskan, besaran gaji ke-13 yang dibayarkan mengikuti ketentuan sebagaimana dimaksud Pasal 6 sampai dengan Pasal 9 dengan didasarkan komponen penghasilan yang dibayarkan pada bulan Juni Tahun 2022.

Siapa saja yang berhak menerima gaji ke-13?

Adapun daftar penerima gaji ke-13 berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 75/PMK.05/2022 adalah sebagai berikut:

- Pegawai Negeri Sipil (PNS)
- Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
- Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI)
- Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)
- Pejabat negara
- Pensiunan
- Penerima pensiun
- Penerima tunjangan

Akan tetapi, terdapat dua kelompok ASN yang tidak akan menerima gaji ke-13.

Baca juga: Sanksi Ini Menanti ASN Bandung Barat yang Tak Ikut Apel dan Masuk Kerja Pascalibur Lebaran

Pertama, ASN yang sedang cuti di luar tanggungan negara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved