Menjelang Hari Demam Berdarah Nasional, Kasus DBD Meningkat Selama Triwulan Pertama

Fufang Ejiao Jiang dari PT. Saras Subur Abadi berkhasiat membantu memelihara stamina tersedia di seluruh toko obat dan apotik di seluruh Indonesia

Fufang Ejiao Jiang dari PT. Saras Subur Abadi berkhasiat membantu memelihara stamina 

TRIBUNJABAR.ID - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlanjut, bukan hanya virus corona yang perlu menjadi perhatian kita, tetapi kita juga harus waspada terhadap virus Dengue yang dapat menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Peningkatan kasus demam berdarah ketika musim hujan sudah tidak terelakkan lagi karena kelangsungan hidup nyamuk Aedes Aegypti akan lebih lama pada masa ini.

Beberapa wilayah di Indonesia mencatat lonjakkan kasus DBD pada triwulan 2022 dibanding 2021. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul mengungkap munculnya 242 kasus DBD di Bantul dalam kurun Januari-Maret. Jumlah tersebut lebih dari separuh total kasus DBD pada tahun 2021.

Kasus DBD di Bandung, Jawa Barat dan Karangasem, Bali pada triwulan pertama 2022 mengalami peningkatan tiga kali lipat dibanding periode yang sama di 2021. Sementara, angka kematian akibat DBD di Kota Malang mengalami kenaikkan 100%. Dua kabupaten di NTT serta kabupaten Pasaman Barat bahkan menetapkan Demam Berdarah Dengue (DBD) sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Penyakit DBD walaupun termasuk dalam self-limiting disease atau penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi tidak jarang dapat menimbulkan korban jiwa jika tidak cepat ditangani. Oleh karena itu, kita perlu waspada jika trombosit sudah dibawah 100rb dan panas tinggi tidak turun-turun, maka pasien perlu dirawat di rumah sakit.

Umumnya lama perawatan berlangsung selama 5-7 hari. Akan tetapi, lama perawatandapat berbeda-beda tergantung kondisi setiap pasien dan apakah sudah memenuhi kriteria pemulangan, yaitu:

-          pasien tidak demam selama 24 jam tanpa pemberian antipiretik

-          kemajuan keadaan klinis (nafsu makan membaik)

-          hemoglobin dan hematokrit stabil

-          trombosit >50.000/mm3

-          Tidak dijumpai kelainan pernafasan

Hingga saat ini memang belum ada obat khusus yang dapat menyembuhkan DBD sepenuhnya. Akan tetapi, pemberian obat-obatan medis dapat membantu meredakan gejala yang muncul serta mencegah dan menangani komplikasi DBD, seperti perdarahan hebat dan sindrom syok Dengue.

Agar proses pemulihan pasien DBD dalam melawan virus Denguelebih cepat, imun tubu perlu ditingkatkan. Berikut beberapa hal yang dapat diperhatikan:

1.       Istirahat yang cukup

2.      Menjaga asupan makanan yang bergizi

3.      Berolahraga secara teratur

4.      Mengkonsumsi suplemen tambahan untuk meningkatkan stamina dan imunitas

Stamina yang prima diperlukan untuk membantu mempercepat proses pemulihan DBD sehingga lama perawatan di rumah sakit dapat dipersingkat dan mengurangi biaya perawatan.

Fufang Ejiao Jiang dari PT. Saras Subur Abadi berkhasiat membantu memelihara stamina. Sudah tersedia di seluruh toko obat dan apotik di seluruh Indonesia. Pastikan Fufang Ejiao Jiang yang asli memiliki hologram SSA dan stiker “Cari yang Dari SSA”.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved