Gigi & Mulut Tetap Sehat Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Halo Tribunners, aktivitas berpuasa bukan menjadi penghalang bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut loh.

Penulis: Cipta Permana | Editor: bisnistribunjabar
Gigi & Mulut Tetap Sehat Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Halo Tribunners, aktivitas berpuasa bukan menjadi penghalang bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut loh.

Apalagi, selain masalah pencernaan, masalah kesehatan gigi dan mulut, seperti bibir kering, mengeluarkan aroma yang kurang sedap atau baik mulut, hingga sariawan kerap menjadi persoalan yang dikeluhkan oleh banyak orang saat tengah berpuasa.

drg. Thea Estetika, MM, Dokter Gigi Santosa Hospital Bandung Kopo
drg. Thea Estetika, MM, Dokter Gigi Santosa Hospital Bandung Kopo ()

Semua masalah kesehatan mulut tadi, tentunya akan membuat kita menjadi kurang nyaman, bahkan tidak percaya diri selama menjalankan ibadah puasa.

Dokter gigi Santosa Hospital Kopo Bandung, drg. Thea Estetika, MM menjelaskan, bahwa saat berpuasa, kondisi mulut seseorang akan cenderung lebih kering.

Hal ini terjadi, karena penurunan produksi air liur akibat kurangnya asupan cairan tubuh dari berkurangnya aktivitas makan dan minum.

"Pada saat kondisi berpuasa, mulut kita akan cenderung lebih kering dari biasanya, hal ini diakibatkan oleh berkurangnya aktivitas produksi air liur atau saliva, dibandingkan saat kita tidak sedang berpuasa," ujarnya saat ditemui di Santosa Hospital Bandung Kopo, Rabu (13/4/2022).

Thea mengatakan, fungsi dari produksi air liur pada rongga mulut, memiliki peran yang cukup besar. Selain berfungsi melapisi permukaan gigi, tapi juga dapat membantu meluruhkan sisa makanan yang tertinggal dalam rongga mulut.

Bahkan, air liur pun dapat berfungsi sebagai sistem imun untuk menghadang bakteri dan virus yang masuk melalui mulut.

Maka, saat produksi air liur menurun, bakteri lebih mudah berkembang biak dalam rongga mulut.

"Dalam keadaan rongga mulut yang kering tersebut, menyebabkan rongga mulut menjadi tempat yang baik untuk berkembangnya koloni bakteri dan dapat menyebabkan bau mulut dan penumpukan plak sisa makanan, yang akhirnya dapat menyebabkan gigi berlubang," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved