Mimpi Warga Garut Agar Si Gombar Dipulangkan Akan Segera Terwujud, PT KAI Sudah Sepakat Hal Ini

Keinginan masyarakat Garut agar lokomotif legenda Si Gombar dipulangkan ke Kabupaten Garut tampaknya akan segera terwujud.

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: Darajat Arianto
ISTIMEWA
Foto dokumentasi yang memperlihatkan Kereta Api CC5024 saat melewati Jembatan Citameng, Desa Maripari, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Keinginan masyarakat Garut agar lokomotif legenda Si Gombar dipulangkan ke Kabupaten Garut tampaknya akan segera terwujud.

Si Gombar atau si Gomar dalam pelafalan orang Garut, yaitu lokomotif DD52, CC5029 dan yang paling melegenda adalah CC5001.

Dalam ingatan urang Garut, jika mereka melihat Lokomotif DD52, CC5029, atau CC5001, mereka tetap menyebutnya sebagai si Gombar.

Dari semua jenis si Gombar, tinggal dua yang saat ini masih ada wujudnya, yaitu CC5001 yang berada di Museum Transportasi TMII Jakarta dan CC5029 yang berada di Museum Kereta Api Ambarawa Semarang, Jawa Tengah.

DD52 seri SS1200 sudah tidak ada lagi karena dilebur.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, ia akan berkomunikasi dengan PT KAI terkait pemulangan Si Gombar ke tanah Garut.

Ia menyebutkan nantinya Si Gombar akan disimpan di Stasiun Garut.

"Jadi memang masyarakat Garut ini ada keinginan Si Gombar kembali ke Garut, nanti kita sampaikan lah ya ke Pak Menhub," ujarnya saat diwawancarai Tribunjabar.id, Sabtu (25/3/2022).

Sementara itu keinginan Si Gombar agar dipulangkan ke Garut juga direspon oleh Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo.

Saat peresmian reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut, ia mengatakan akan berkolaborasi dengan bupati Garut agar keinginan masyarakat untuk bisa berjumpa kembali dengan Si Gombar di Garut terwujud.

Ia menyebut jika pemulangan Si Gombar ke Garut akan menambah kecintaan warga Garut terhadap kereta api maka hal itu bisa diwujudkan.

"Terkait Si Gombar, jika memang bisa mewujudkan kecintaan warga Garut terhadap kereta api, nanti kita akan wujudkan," ujarnya saat diwawancarai Tribun Jabar saat peresmian reaktivasi kereta api Cibatu-Garut.

Kepulangan Si Gombar ke Garut sangat dinanti-nanti masyarakat Garut.

Kereta legendaris yang pernah menjadi teman dalam setiap perjalanan masyarakat Garut itu diharapkan bisa dimuseumkan di halaman Stasiun Garut yang baru diresmikan itu. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved