Polisi Sita 1 Ton Sabu Sabu

Hati-hati, Ini Cara Jaringan Narkoba Internasional Rekrut ''Pekerja Lokal'' Seperti di Pangandaran

Sebelum polisi menggagalkan penyelundupan sabu-sabu, ada bule yang berkeliaran di desanya dan meminta warga di Mandalasari mengantarnya ke laut

Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Jabar
Narkoba jenis sabu-sabu seberat satu ton diamankan Subdit 1 Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jabar, di Pangandaran, Rabu (16/3/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN- Polda Jabar mengungkap cara jaringan narkoba internasional merekrut '"pekerja lokal" dalam penyelundupan satu ton sabu-sabu dari Iran melalui jalur laut di Pantai Pangandaran.

Pada Rabu (16/3/2022), Polda Jabar menggagalkan penyelundupan 1 ton sabu-sabu dari Iran melalui jalur laut di Pantai Pangandaran, Jawa Barat.

Jaringan internasional perdagangan narkoba ternyata merekrut warga lokal sejak jauh hari.

Mereka datang ke desa-desa di pesisir yang menjadi pintu masuk.

Modusnya beragam, mulai dari menawarkan pekerjaan hingga meminta diantar memancing ke tengah laut.

Satu di antaranya terjadi beberapa hari sebelum jajaran Polda Jabar membekuk para penyelundup 1 ton sabu-sabu di Pantai Madasari, Kecamatan Cimerak, Pangandaran.

Narkoba jenis sabu seberat satu ton diamankan Subdit 1 Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jabar, di pantai Pangandaran, Rabu (16/3/2022).
Narkoba jenis sabu seberat satu ton diamankan Subdit 1 Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jabar, di pantai Pangandaran, Rabu (16/3/2022). (Istimewa)

Baca juga: Mantan Atlet Sepeda Jabar Diduga Terlibat Penyelundupan 1 Ton Sabu, ISSI Jabar: Katanya Tak Sengaja

Direktur Bumdes Masawah, yang juga pengelola Pantai Madasari, Indra Permana, mengatakan sepekan sebelum polisi menggagalkan penyelundupan sabu-sabu, ada bule yang berkeliaran di desanya dan meminta warga di Mandalasari mengantarnya ke laut untuk memancing.

"Entah benar untuk memancing, entah untuk ngambil sabu-sabu. Imbalannya besar, Rp 1 juta. Sempat ada yang mau, tapi untungnya enggak jadi," ujarnya kepada Tribun Jabar, Kamis (17/3/2022).

Indra mengatakan, perahu milik bule yang mengajak warga memancing itu adalah perahu yang disita polisi karena dipergunakan untuk mengangkut sabu-sabu. "Perahunya sama," kata Indra.

Lima orang ditangkap dalam penyergapan upaya penyelundupan sabu-sabu di Pantai Mandasari, Rabu.

Satu di antaranya, berinisiam M, warga Afganistan, sementara empat lainnya, DH, HH, AH, dan seorang perempuan yakni NS.

Belakangan diketahui, NS adalah mantan atlet nasional cabang olahraga sepeda BMX. DH yang kemudian diketahui sebagai pengendali atau pengatur pergerakan sabu-sabu, ternyata seorang kepada dusun. 

Baca juga: Kasus Sabu-sabu 1 Ton di Pangandaran, Kepala Dusun dan Pebalap Wanita Asal Tasik Ikut Ditangkap

Terkejut

Ketua Harian Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Jabar, Gunaryo, mengaku semua pengurus Pengprov ISSI Jabar terkejut terkait keterlibatan mantan pembalap sepeda kelas BMX, NS (27), dalam kasus penyelundupan sabu-sabu seberat 1 ton di Pantai Madasari ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved