Inilah 5 Tafsir dan Makna Surat Al Qur’an yang Perlu Dipahami Sebagai Umat Muslim

Umat Islam wajib untuk memahami dan mengamalkan surat – surat yang terdapat pada kitab suci Al Qur’an

Editor: Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menjadi seorang umat Muslim sejati tidak hanya sekedar status yang diembannya saja, akan tetapi juga wajib untuk memahami dan mengamalkan surat – surat yang terdapat pada kitab suci Al Qur’an.

Maka dari itu, disini ada beberapa contoh surat dalam Al Qur’an yang tidak hanya dibaca sebagai penambah pahala, akan tetapi juga harus tahu mengenai tafsir dan makna surat dari Kementerian Agama Saudi Arabia, Tafsir al-Mukhtashar yang disupervisi Dr. Shalih Humaid (Imam Masjidil Haram) dan bisa Anda kunjungi di situs TafsirWeb.com.

Surat al-Insyirah

Terdiri dari 8 ayat, surat al-Insyirah ini memiliki arti melapangkan. Surat ke 94 dalam Al Qur’an ini mengingatkan kepada kita mengenai kesempurnaan atas pemberian Allah SWT yang kepada para Nabi- nya SAW.

Awal mulanya, surat ini turun sebagai hiburan dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW yang pada saat itu sedang menghadapi pertentangan keras dari para umatnya.

Dengan adanya surat al- Insyirah ini, maka Allah SWT memberikan petunjuk akan datangnya kemudahan di setiap kesulitan.

Surat al-Alaq Ayat 1 – 5

Termasuk kelompok dalam surat Makkiyah, surat Al Alaq sendiri turut menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW diperintahkan oleh Allah SWT untuk membaca yang juga dibarengi dengan kekuatan Allah bersama manusia dan penjelasan – penjelasannya sebagai sifat – sifat-Nya. Makna yang terkandung dari surat Al Alaq ayat 1 sampai 5 ini yakni menjelaskan kepada kita mengenai bagaimana cara kita untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Surat al-Isra Ayat 23

Selanjutnya ada surat al-Isra yang mana menjelaskan mengenai larangan bagi anak – anak untuk berkata kasar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved