Breaking News:

Eksekusi Rumah Warga di Sumedang yang Diganti Rp 3,6 M Untuk Tol Cisumdawu Dikawal Polisi Tentara

Eksekusi enam rumah warga di Dusun Cijolang Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang dikawal ratusan aparat gabungan, Kamis (13/1/2022)

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Kiki Andriana
Pengadilan Negeri (PN) Sumedang mengeksekusi rumah warga yang berada di Dusun Cijolang, Desa Margaluyu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupate Sumedang, Jawa Barat, Kamis (13/1/2022).    

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana.

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Eksekusi enam rumah warga di Dusun Cijolang Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang dikawal ratusan aparat gabungan, Kamis (13/1/2022).

Enam rumah warga di perkampungan di Tanjungsari Sumedang itu diratakan dengan tanah untuk keperluan proyek Tol Cisumdawu

Rumah itu sendiri berjarak sekira 5 km ke pusat kota Kecamatan Tanjungsari. Nilai rumah yang diratakan dengan tanah, diganti hingga Rp 3,6 M

Aparat gabungan ini bersiaga mengamankan eksekusi lahan yang berpotensi mendapatkan perlawanan dari para pemilik rumah untuk memprotes eksekusi lahan mereka. 

Baca juga: Penanganan Banjir Dampak Tol Cisumdawu, Sekda Sumedang Minta Masyarakat Percaya Pemerintah

"Total ada 950 personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, PN Sumedang yang dikerahkan dalam proses pengosongan lahan ini, " ucap Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto saat ditemui TribunJabar.id di lokasi pembongkaran.

Menurut Kapolres, eksekusi 6 bidang lahan tersebut merupakan pelaksanaan eksekusi lanjutan. 

"Hari ini, merupakan ekseskusi lanjutan, sebelumnya telah dieksekusi sebanyak 11 bidang, kami telah memberikan waktu untuk membongkar sendiri kepada pemilik enam bidang tersebut, dan Alhamdulillah rumah tersebut telah kosong, " kata Eko. 

Untuk menciptakan situasi yang kondusif saat pelaksaan ekseksusi, lanjut Eko, pihaknya telah memborong para pedagang kaki lima yang berada di sekitar lokasi pembongkaran untuk kemudian dibagikan kepada masayarakat. 

"Proses eksekusi ini sama sekali tidak ada perlawanan dari para pemilik rumah, semua berjalan lancar dan humanis," katanya. 

Baca juga: Diganti Rugi Rp 3,6 m, 6 Rumah di Perkampungan Sumedang Diratakan dengan Tanah Untuk Tol Cisumdawu

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved