Breaking News:

Buntut Tragedi Siswa Luka-luka Saat Latihan Pramuka di SMAN 1 Ciamis, Ambalan Ciungwanara Dibekukan

Dua ambalan pramuka di SMAN 1 Ciamis dibekukan setelah tragedi latihan berdarah.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Andri M Dani
SMAN 1 Ciamis, Rabu (12/1/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Terhitung mulai Rabu (12/1/2022), ekstrakurikuler (ekskul) pramuka Ambalan Ciungwanara dan Ambalan Diyah Pitaloka SMAN 1 Ciamis dibekukan sampai waktu tidak ditentukan.

Tidak ada lagi kegiatan kepramukaan di pangkalan SMAN 1 Ciamis.

“Ambalan Ciungwanara dan Ambalan Diyah Pitaloka SMAN 1 Ciamis dibekukan sampai waktu yang tidak ditentukan. Kami sudah menugaskan Kwaran Ciamis Kota untuk melakukan pemantauan,” ujar Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis, H Nanang Permana SH kepada Tribun, Rabu.

Kebijakan pembekuan kegiatan eskul kepramukaan di Ambalan Ciungwanara dan Ambalan Diyah Pitaloka SMAN 1 Ciamis tersebut menyikapi insiden dugaan kekerasan yang terjadi saat latihan pasukan tongkat Ambalan Ciungwanara di Sarayuda, Kertaharja, Cijeungjing, Sabtu (8/1/2022).

Pada kegiatan yang mirip perpeloncoan tersebut 3 siswa terpaksa dirawat di rumah sakit dalam kondisi  lebam-lebam.

Pembekuan sementara akvitas Ambalan Ciungwanara dan Ambalan Diyah Pitaloka tersebut untuk memberikan kesempatan kepada SMAN 1 Ciamis untuk melakukan evakuasi dan introspeksi internal eskul kepramukaan.

“Padahal selama ini kegiatan kepramukaan di SMAN 1 Ciamis sudah melahirkan pemimpin-pemimpin . Seperti  Pak Jeje (maksudnya, H Jeje Wiradinata, Bupati Pangandaran), maupun Pak Herdiat (Bupati Ciamis, H Herdiat Sunarya) maupun Jenderal Heri di Paspampres. Dan banyak lagi yang lain. Tapi sekarang kok ada kejadian begini (maksudnya tragedi pasukan tongkat),” katanya.

Wakasek Bidang Humas SMAN 1 Ciamis, Drs H Supyan Iskandar MPd kepada Tribun Rabu mengakui bahwa aktivitas Ambalan Ciungwanara  dan Ambalan Diyah Pitaloka SMAN 1 Ciamis dibekukan sampai waktu tidak ditentukan.

“Kegiatan eskul kepramukaan di SMAN 1 Ciamis dibekukan sementara. Termasuk Ambalan Ciungwanara dan Ambalan Diyah Pitaloka,” ujar Supyan Iskandar.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved