Breaking News:

Pemerintah Bersiap Hadapi Lonjakan Pasien Positif Omicron, Minta Masyarakat Tak Perlu Panik

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan, kasus Omicron di Indonesia yang terus melonjak membuat pemerintah  bersiap menghadapi ge

Editor: Ravianto
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Covid-19 Varian Omicron. (KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan, kasus positif Omicron di Indonesia yang terus melonjak membuat pemerintah  bersiap menghadapi gelombang ketiga Covid-19 yang kali ini berasal dari varian baru virus corona itu.

Mantan dirut Bank Mandiri ini meminta masyarakat untuk tidak panik.

Tercatat, hingga Minggu (9/1) kasus Omicron di Indonesia mencapai 414 orang, dimana 31 kasus merupakan kasus transmisi lokal.

"Kita akan menghadapi gelombang dari varian Omicron ini, tidak usah panik kita sudah mempersiapkan diri dengan baik," kata dia dalam konferensi pers virtual, Senin (10/1/2021).

Ia memuturkan, berdasarkan pengalaman sejumlah negara yang mengalami lonjakan kasus akibat Omicron menunjukkan,  walaupun kasus naik cepat namun kasus juga kembali turun cepat, lantaran kasus perawatan di rumah sakit kasus Omicron rendah.

"Yang penting jangan lupa jaga prokes, disiplin juga melakukan surveilans dan yang paling penting percepat vaksinasi katakan kita keluarga kita yang belum mendapatkan vaksinasi," pesan Menkes Budi.

Mantan wamen BUMN ini mengklaim, pemerintah telah melakukan persiapan jika kasus Covid-19 naik tajam seperti ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, mendatangkan obat-obatan, menyiapkan SDM dan alat pendukung kesehatan seperti tabung oksigen.

Risiko Masuk RS Rendah, Kemenkes Perkuat Strategi Perawatan Omicron di Rumah

Disampaikan Budi, pihaknya akan mengubah strategi tempat perawatan pasien Covid-19 varian Omicron. Pemerintah akan beralih memfokuskan untuk melakukan perawatan di rumah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved