Breaking News:

Muktamar NU 2021

NU Jabar Terbelah, Ada yang Dukung Gus Yahya, Ada yang Dukung KH Said Aqil, Mayoritas ke Gus Yahya

Ada 16 dari 27 PCNU di Jawa Barat yang diklaim mendukung Gus Yahya dalam Muktamar ke-34 NU.

Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Ketua PCNU Cianjur KH Choirul Anam, Selasa (21/12/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Dukungan terhadap KH Yahya Cholil Staquf untuk menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggantikan KH Said Aqil Siradjm menjelang Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama di Lampung, Rabu (22/12/2021) ini, terus menguat.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cianjur, KH Choirul Anam, mengatakan sudah 16 dari 27 PCNU di Jabar yang memberikan dukungannya kepada KH Yahya Cholil Staquf, atau akrab disapa, Gus Yahya.

Dengan demikian, tegas KH Choirul, mayoritas PCNU di Jabar bulat mendukung Gus Yahya.

Ditemui saat menghadiri acara di Mapolres Cianjur, Selasa (21/12/2021), KH Choirul Anam, mengatakan ada sejumlah alasan kenapa mereka memberikan dukungannya pada Gus Yahya, dan berbeda dengan keputusan Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jabar yang memutuskan untuk memberikan dukungannya pada KH Said Aqil Siradj untuk menjadi Ketua Umum PBNU ketigakalinya berturut-turut.

"Alasan 16 PCNU se-Jabar mendukung Gus Yahya menjadi Ketua Umum PBNU, karena perlu adanya regenerasi," ujar KH Choirul.

KH Choirul juga mengatakan bahwa dari komunikasi para ketua PCNU di Jabar, ada kesepakatan bahwa kepengurusan NU di semua tingkatan hanya dibatasi dua periode. Ini harus dipatuhi agar progres regenerasi di semua tingkatan NU lebih baik.

"Jadi, sebelumnya sudah ada komunikasi dan beberapa diskusi untuk menyamakan pandangan agar NU ke depan ini bisa berjalan dengan baik," kata KH Choirul.

Selain PCNU Kabupaten Cianjur, PCNU lainnya yang sudah bulat mendukung Gus Yahya adalah PCNU  Kota Sukabumi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Kuningan, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Dukungan kepada Gus Yahya, ujar KH Choirul, juga diberikan antara lain oleh PCNU Pangandaran, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Ditemui di sela-sela mengambil ID Card Muktamar NU di Gedung Serbaguna Universitas Lampung, kemarin, Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya, KH Atam Rustam, membenarkan soal dukungan tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved