Breaking News:

Harga Cabai Rawit Kian Pedas, Jadi Rp 100 Ribu Per Kilogram, Beli Rp 2 Ribu Dikasih Enam Biji

Saat ini harga cabai rawit merah di Cianjur mencapai Rp 100 ribu per kilo.

Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
Ilustrasi cabai rawit. Harga di Cianjur 100 ribu per kilogram. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Beberapa harga daging dan sayuran hortikultura seperti cabai rawit domba mengalami kenaikan menjelang Natal dan Tahun baru 2022.

Seorang warga asal Kecamatan Pacet, Eci (25), mengaku kaget dengan harga kebutuhan pokok jenis sayuran dan bumbu dapur.,

"Saya membeli cabai rawit domba merah, sekarang 1/4 kilogram Rp 25 ribu, artinya per satu kilogram Rp 100 ribu," kata Eci, di Cianjur, Senin (20/12/2021).

Eci mengatakan, selain harga cabai rawit harga daging ayam pun kini ada kenaikan dari Rp 36 ribu menjadi Rp 38 ribu per kilogram.

"Daging ayam pun sama kembali naik, saya juga bingung karena ketika saya kembali menjual, jadi harus bagaimana?" katanya.

Seorang warga Pacet lainnya, Rokayah (40), mengatakan, harga kebutuhan pokok seperti cabai rawit memang naik.

"Sekarang kalau beli Rp 2 ribu di warung kecil, hanya dikasih delapan biji, bahkan enam biji saking mahalnya harga cabai rawit sekarang ini," ujarnya.

Staf Pasar Cipanas Adi Sudrajat mengatakan, fenomena kenaikan harga kebutuhan pokok jelang libur seperti Natal dan tahun baru memang sudah hal yang biasa.

"Kenaikan  harga sembako memang cenderung sudah hal yang biasa terlebih di saat akan memasuki libur panjang seperti Natal dan tahun baru," ujarnya.

Adi mengatakan, adanya kenaikan harga cabai tersebut juga bisa dikarenakan faktor langkanya keberadaan cabai tersebut.

"Bisa juga sudah mulai langka, mungkin karena cuaca atau memang banyak peminatnya terlebih jelang libur Natal dan tahun baru," katanya.

Seorang petani hortikultura asal Pacet, Badru, mengatakan harga sayuran di tingkat petani saat ini cenderung fluktuatif atau tidak menetap.

"Saya juga bingung, harga sayuran saat ini dibilang naik memang ada yang naik, dibilang turun banyak juga harga sayuran saat ini mengalami penurunan," katanya.

Badru mengatakan, di penghujung tahun harga sayuran yang paling banyak diminati seperti bawang daun, kol, wortel, wangsih, dan juga horinso atau bayam jepang.

Baca juga: Sempat Mahal, Harga Cabai Berbagai Jenis Jelang Libur Natal dan Tahun Baru Justru Terjun Bebas

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved